id
id

ILUNI FTUI luncurkan Scholarship Camp

Pada 6 Desember 2015 Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI FTUI)  bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia melangsungkan pembukaan rangkaian kegiatan motivasi, penyiapan, pembekalan Studi Pasca Sarjana ke Luar Negeri bagi ratusan mahasiswa tingkat akhir serta ‘fresh graduate’ di lingkungan Fakultas Teknik UI yang diberi nama Scholarship Camp. “Program Scholarship Camp ini merupakan suatu terobosan baru untuk mempersiapkan para intelektual muda untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi” kata Dr. Ir. Hendri DS Budiono M.Eng selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum ketika membuka program ini mewakili pihak Fakultas Teknik Universitas Indonesia. “Kedepannya Kami berharap ada beberapa program lainnya dari ILUNI FTUI yang dapat bersinergi dengan Kami (Fakultas Teknik Universitas Indonesia)” sambung Pak Hendri menutup kata sambutannya.

“Tujuan dari Scholarship Camp ini adalah memberikan pembekalan, bimbingan pengajuan aplikasi beasiswa pasca sarjana di Luar Negeri sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah lulusan FTUI yang melanjutkan studi di LN dengan beasiswa. Dengan program ini pula mahasiswa menjadi terbimbing dan menemukan partner serta lingkungan yang bersahabat dari kakak kelasnya sendiri di negara tujuan ” Kata Askar Triwiyanto, PhD Ketua Bidang Almamater Center ILUNI FTUI yang membawahi program scholarship camp ini .

Kehadiran Ibu Ir. Indy Hardono,MBA sebagai salah satu alumni FTUI yang juga merupakan Koordinator Scholarship Team Nuffic Neso Indonesia (Netherlands Education Support Office Indonesia) menambah antusiasme ratusan calon peserta ditambah narasumber muda lainnya yang telah mengenyam pendidikan S2 dan S3 di Amerika, Jepang, Saudi, Singapura juga Korea seperti Radyum Ikono B.Eng, M.Eng yang juga merupakan Chief Operating Nano Center Indonesia, dan Mohammad Kamiluddin, MSc serta Ardiansyah, PhD. Acara yang dipandu oleh Andy Tirta, PhD ini berlangsung semarak dan diliputi antusiasme tinggi peserta walaupun dilaksanakan hari minggu dan sehari menjelang Ujian akhir Semester (UAS) dilingkungan UI.

Sebagaimana yang dipaparkan narasumber, lulusan PT (Perguruan Tinggi) Indonesia yang melanjutkan jenjang pendidikan Tinggi di Luar Negeri (LN) terhitung kecil dibandingkan prosentase populasi rakyat Indonesia keseluruhannya, bahkan cenderung mengecil dibandingkan pengiriman mahasiswa ke LN dizaman pra-kemerdekaan juga dizaman Prof BJ Habibie kala menjadi Menristek RI. Dalam catatan UNESCO tahun 2012, Cina mengirim mahasiswa ke luar negeri sebanyak 694.400 orang, India 189.000, Korea Selatan 123.000, bahkan Malaysia mengirim 55.600 orang diikuti Vietnam 53.800 orang. “20 thn lalu (1995) Indonesia merupakan negara kedua setelah Jerman yang mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di Belanda, akan tetapi saat ini Indonesia bahkan tidak masuk dalam 5 besar negara yang banyak mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di Belanda” ungkap Ibu Indy Hardono.

“Program Scholarship Camp ini diharapkan dapat menjadi salah satu motor pendukung untuk memajukan Indonesia melalui pendidikan tinggi yang akan diemban oleh putra-putri terbaik bangsa di luar negeri” kata Teten Derichard Ketua ILUNI FTUI. “Program ini juga diharapkan nantinya memiliki multiplier effect yang positif dan berkelanjutan di berbagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara” tambah Askar Triwiyanto.

Kegiatan Scholarship Camp yang dirancang secara genuine oleh ILUNI FTUI ini akan berjalan secara kontinyu dan berlangsung sepanjang semester untuk setiap periodenya.

Bidang Almamater Center adalah salah satu bidang yang ada pada kepengurusan ILUNI FTUI tahun 2015-2018 dimana mempunyai visi untuk menjembatani antara almamater (Fakultas Teknik Universitas Indonesia) dengan dunia industri termasuk didalam nya peningkatan kompetensi mahasiswa sebagai calon anggota iluni dan anggota iluni (alumni) itu sendiri. (ILUNI FTUI)

X