id
id

Jaga Kualitas Pendidikan, Program Studi S3 Teknik Mesin FTUI Jalani Asesmen Lapangan LAM Teknik

Untuk menjaga kualitas pendidikan bagi para mahasiswa, Program Studi S3 Teknik Mesin menjalani asessmen lapangan untuk akreditasi LAM Teknik. Pada pembukaan kegiatan asesmen (20/06), Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan harapannya agar proses asesmen berjalan dengan lancar. “Semoga Prodi S3 Teknik Mesin akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan terus menghasilkan lulusan Doktor yang unggul dan berdampak bagi masyarakat. Teknik Mesin merupakan salah satu departemen di FTUI yang memiliki jumlah guru besar terbanyak.”

Asesor LAM Teknik yang melaksanakan asesmen lapangan untuk Prodi S3 Teknik Mesin FTUI adalah Dr. Ir. Suhanan, DEA.  dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Dr. Eng. Widya Wijayanti, ST., MT.  dari Universitas Brawijaya. Dr. Suhanan menyampaikan bahwa akreditasi prodi S3 Teknik Mesin merupakan batch ke-2 untuk akreditasi LAM Teknik. “Kami sudah mencoba mempelajari data LKPS akreditasi yang perlu kita bicarakan lebih lanjut, terkait pengisian dan koreksi pengisian data. Penggalian data akan lebih dalam dilakukan. Saya yakin sebenarnya ada di FTUI akan tetapi luput didata atau dikenali. LAM Teknik agak berbeda dengan BAN-PT, dimana hasil Assessment Lapangan (AL) akan kami submit di hari ke-4 akreditasi. Hasil ini nantinya dapat dipelajari oleh Prodi untuk mengetahui kekurangannya dimana”.

Hadir secara daring, Kepala Badan Penjaminan Mutu Akademik UI, Prof. Sri Hartati D. Reksodiputro, Ph.D., menyampaikan, “FTUI merupakan front runner fakultas di lingkungan UI. Terutama untuk akreditasi internasional. Baru 12 PS di UI sudah memiliki akreditasi internasional, hampir semuanya dari FTUI. Terkait LAM Teknik. Ini adalah akreditasi lapangan ke tiga dari LAM Teknik di UI. Semoga proses assesmentnya berjalan dengan lancar dan dapat memperoleh akreditasi Unggul.”

Selain Dekan FTUI, turut hadir pada pembukaan asesmen, para Wakil Dekan, para Kepala Unit dan Manajer, Ketua dan Sekretaris Departemen Teknik Mesin dan tim akreditasi dari Departemen Teknik Mesin FTUI. Proses asesmen lapangan sendiri telah dilaksanakan pada 20-21 Juni 2022.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X