id
id

Kolaborasi Riset Swiss dan Indonesia di bidang Maritim

DSC_0006 2

Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia khususnya Program Studi Teknik Perkapalan bekerjasama dengan Kedutaan Besar Swiss mengadakan acara Seminar Kolaborasi Riset Swiss dan Indonesia Inovasi dan Teknologi di bidang Maritim pada 5 Agustus 2015 bertempat di Auditorium K-301 FTUI.

Ada 3 pembicara di acara ini yaitu Michel Gruering dari Helvetic Creative Technologies SA; Dr. Ir. Sunaryo, M.Sc dari Program Studi Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Mesin FTUI; serta Jeremie Lagarigue dari Hydros Innovation SA. Seminar ini dimoderatori Dr. Ardiyansyah dari Departemen Teknik Mesin FTUI.

Salah satu kolaborasi riset di bidang kemaritiman yang dibahas dalam seminar ini adalah pengembangan dan optimasi Kapal Pelat Datar yang merupakan buah karya Dosen Program Studi Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Mesin FTUI, Ir. Hadi Tresno Wibowo, MT yang diluncurkan pada Oktober 2014. Dimana kapal pelat datar yang diharapkan menjadi cikal bakal tumbuh kembang kembalinya industri perkapalan di Indonesia dan menjadi kapal pelayaran rakyat akan berkolaborasi dengan Hydros Innovation SA sebagai salah satu perusahaan terkemuka di bidang riset efisensi dan performa di bidang perkapalan akan bersama-sama mengoptimasi kapal pelat datar untuk misalnya ditingkatkan stabilitasnya dengan merancang ulang kapal, meningkatkan tenaga dan efisiensi, dsb dengan menggunakan keahlian yang dimiliki hydros misalnya dalam boat development, software design, computational fluid dynamic studies, dll. (Humas FT)

X