id
id

Kunjungan Delegasi Keio University

Kunjungan Keio University pada tgl 15 Februari 2018 yang diwakili oleh Prof Satoru Tezuka dan tim ini membawa misi agenda penting terkait rencana kerjasama bilateral antara International Cyber Security Center of Excellence (INCS-CoE) Keio University dengan program studi Teknik Komputer, Dept Teknik Elektro FTUI untuk pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang cybersecurity. Dalam pertemuan dengan Dr.Hendri DS.Budiono,MEng (Dekan FTUI) yang juga alumnus Keio Univ, para delegasi Keio Univ ini didampingi oleh tim DTE-FTUI yaitu Dr. Aries Subiantoro (Kadep DTE-FTUI), Dr. Muhammad Salman (Kaprodi Teknik Komputer FTUI) dan Prof. Kalamullah Ramli (point of contact kerjasama Keio Univ).

Lembaga yang dipimpin Prof Tezuka merupakan salah satu pusat pendidikan dan riset di bidang cybersecurity yang sangat penting dan memiliki jaringan kerjasama strategis dengan berbagai institusi pendidikan dan riset yang sangat reputable, baik di Eropa seperti Oxford Univ, Cambridge Univ, UCL, Imperial College dan di Amerika Serikat seperti MIT, CMBC, Harvard, Stanford, CMU, GeorgiaTech. Selanjutnya penandatangan kerjasama (MoA) direncanakan akan ditandatangani oleh Dekan FTUI di Keio University bertepatan dengan Simposium Internasional Cybersecurity pada akhir bulan Maret 2018. Keio Univ ini sebelumnya telah memiliki kerjaama MoU dengan UI.

Kerjasama bilateral ini tentunya akan sejalan dengan project JICA yang baru saja melakukan kick-off dengan FTUI untuk kerjasama 5 tahun ke depan dalam project Cybersecurity Professional for Human Resources Development terutama dalam hal pengembangan pendidikan dan kurikulum cybersecurity untuk memenuhi kebutuhan SDM Indonesia di sektor-sektor infrastruktur kritis seperti sektor pemerintahan, telekomunikasi, perbankan, energi, transportasi, kesehatan, perhubungan yang harus semakin concern dan memiliki kesiapan menghadapi berbagai ancaman cyber. Project ini didukung juga oleh berbagai stakeholder seperti Kominfo, BSSN, Asosiasi Profesional dan Industri.

Semoga kerjasama ini berjalan lancar dan sukses dalam rangka ikut berkontribusi memperkuat kualitas riset dan juga kapasitas SDM Indonesia di era cyber ini. (Dr. M. Salman – DTE)

X