id
id

Lakukan Sintesis PHB dari Hidrolisat Tandan Kosong Kelapa Sawit, Yustinah Raih Gelar Doktor dari Departemen Teknik Kimia FT UI

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FT UI, Yustinah. Perempuan kelahiran Semarang ini dinyatakan lulus pada program Doktor di Departemen Teknik Kimia FT UIsetelah menempuh sidang disertasinya yang berjudul “Sintesis Polyhydroxybutyrate (PHB) dari Hidrolisat Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS)”. Penelitian yang dipromotori oleh Prof. Dr. Ing. Misri Gozan, M. Tech dan ko-promotor Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M. Eng dan Dr. Ir. Rizal Alamsyah, M. Sc ini membahas mengenai sintesis PHB yang merupakan salah satu jenis plastik ramah lingkungan.

Tidak hanya berhasil meraih gelar doktor dengan predikat terbaik, Yustinah juga telah menulis dan mempublikasikan berbagai karyanya di jurnal maupun seminar nasional dan internasional. Karya Yustinah yang sudah dipublikasi tersebut di antaranya, yaitu “Production of Polyhydroxybutyrate from Oil Palm Empty Fruit Brunch (OPEFB) Hydrolysates by Bacillus careus suaeda B-001”, “The Effect of Different C:N Ratio of Media to Produce Polyhydroxybutyrate with Bacterium Bacillus careus”, dan “Production of Biodegradable Plastic (Polyhydroxybutyrate) by Bacillus careus using Glucose as Carbon Source”. (Humas FT UI) 

X