id
id

Magister Teknik Sistem Energi FT UI adakan Focus Group Discussion Tentang Pengembangan Sistem Penyimpanan Energi di Indonesia

Pada Rabu, 24 April 2019 Program Studi Magister Multidisiplin Teknik Sistem Energi, FT UI melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “ Roles of Energy Storage System (ESS) in Indonesian Electrical Power System”. bertempat di Ruang Multimedia Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Sebelum FGD dimulai, Dr. Ir. Muhamad. Asvial, M.Eng selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Fakultas Teknik Universitas Indonesia memberikan sambutan kepada para peserta dan pemateri FGD. Sambutan ke dua diberikan oleh Dr.Ir. Aries Subiantoro, M.SEE selaku ketua Departemen Teknik Elektro, Universitas Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan empat pemateri yaitu Ir. Chairul Hudaya, ST, M.Eng., Ph.D, IPM dosen tetap Teknik Elektro sekaligus sebagai ketua Program Studi S2 Multidisiplin Teknik Sistem Energi Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Dr. Ing. Enrique Garralaga dari SMA Sunbelt Energy GmbH Germany. SMA Sunbelt Energy GmbH merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Teknologi Surya, Muhamad Reza, Ph.D seorang pakar Energy Technology & Business Development, dan Ir. Kris Cahyono perwakilan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kegiatan FGD ini dimoderatoroi oleh Ir. Adinda Franky Nelwan, MT selaku dosen tetap di  Fakultas Teknik Elektro, Universitas Sam Ratulangi.

Sasaran dari kegiatan FGD ini adalah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia, staf pengajar Fakultas Teknik UI dan perusahaan yang bergerak di bidang energi. Sementara itu, target dari kegiatan FGD ini adalah untuk mendiskusikan atau memperoleh masukan dari stakeholder terkait data dan informasi menegenai Energy Storage System yang mencakup kesiapan teknologi dan industri, keselamatan dan standarisasi, biaya dan nilai teknologi, serta peraturan-peraturan teknis terkait ESS.

Sebelum masuk ke sesi kegiatan FGD, diberikan materi pengantar oleh keempat pemateri. Materi pertama disampaikan oleh Ir. Chairul Hudaya, ST, M.Eng., Ph.D, IPM. beliau memaparkan materi tentang Advanced Energy Storage Systems in Electrical Power System. Materi ke dua dipaparkan oleh Dr. Ing. Enrique Garralaga tentang Renewable Energy Integration with Energy Storage Systems to Improve Cost Efficiency, Safety, Grid Quality and Reliability. Pemateri ke tiga disampaikan oleh Ir. Kris Cahyono tentang Energy Storage System in Electrical Power System (TBD). Sedangkan materi terakhir disampaikan oleh Muhamad Reza, Ph.D mengenai Energy Storage in Minigrid. Kegiatan FGD berjalan lancar dan terjadi diskusi yang menarik antara pemateri dan peserta FGD.

X