id
id

Mahasiswa Departemen Teknik Kimia FTUI Beri Pelatihan Pembuatan Sabun Batang dan Teknik Pemasaran

Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melaksanakan program Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Beji Timur, Depok pada hari Minggu (15/10). Kegiatan ini didanai oleh Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) UI Tahun 2022.

Kegiatan mahasiswa FTUI yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia (IMTK) dan Society for Biological Engineering (SBE) UI ini bekerjasama dengan Pengurus RT 02 RW 01 Kelurahan Beji Timur, Depok, dan berkolaborasi dengan Mahasiswa Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI dan Yayasan Bina Pemuda Nusantara (Biman). Dalam kegiatan pengmas ini, para mahasiswa memberikan pelatihan dan edukasi kepada warga kelurahan Beji Timur terkait proses pembuatan, serta teknik pemasaran sabun batang yang berbahan dasar minyak.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini turut dihadiri 20 orang peserta dari wilayah RT 02 RW 01 Kelurahan Beji Timur. Kegiatan dibuka dengan mengajak seluruh yang hadir untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Ketua Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia, Dr. Bambang Heru Susanto, S.T., M.T. dan Ahmad Subana, SM, Sekretaris Kelurahan Beji Timur dan Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan yang mewakili Lurah Beji Timur, Deasy Martini, SKM.

Dalam sambutannya, Dr. Bambang Heru Susanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sarana untuk mendukung aktivitas kegiatan kemahasiswaan untuk dapat lebih dekat berinteraksi dengan masyarakat serta berkolaborasi dengan penggiat kemasyarakatan yang telah banyak berkiprah seperti Yayasan Biman.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan para peserta bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan terkait penggunaan bahan-bahan yang tersedia dan mudah didapat untuk dimanfaatkan dalam pembuatan sabun batang secara mandiri yang selain dapat digunakan untuk keperluan pribadi dan keluarga, namun memungkinkan juga untuk dipasarkan sehingga dapat menambah pendapatan keluarga,” kata Dr. Bambang Heru.

Deasy Martini, SKM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Mahasiswa Departemen Teknik Kimia FTUI dan berharap kegiatan seperti ini akan lebih meningkatkan perhatian dan kerjasama antara pihak Pemerintah Kota Depok dan UI di masa mendatang dengan program-program yang berkelanjutan.

“Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, mahasiswa UI menyampaikan materi terkait definisi, penggunaan, jenis-jenis, bahan dan kegunaan, hingga proses dari pembuatan sabun batang. Selain aspek teknis pembuatan sabun batang, juga disampaikan pengetahuan dasar terkait aspek keamanan dalam proses pembuatan sabun batang dan materi mengenai strategi bisnis. Diharapkan kedepannya dapat memberikan manfaat peluang bisnis bagi masyarakat Beji Timur untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah., ST., M.Eng., IPU.

Pemakaian sarung tangan latex atau karet dan masker merupakan yang paling utama. Mahasiswa UI memberikan edukasi kepada peserta jika terkena cipratan dari larutan soda api (NaOH) agar segera dibilas dengan air mengalir selama 10 – 15 menit. Jika soda api (NaOH) tidak sengaja terhirup, disarankan untuk segera ke ruangan terbuka untuk menghirup udara segar. Dan pemberian materi mengenai kiat-kiat dan kaidah memulai bisnis, seperti bagaimana melakukan riset pada produk yang ingin dijual melalui tahap pertama yaitu menentukan jenis usaha, caranya menempatkan diri pebisnis sebagai produsen dan konsumen.  Lalu, melakukan riset terkait keunggulan dan keunikan produk, dan melihat anggaran dan strategi promosi pada saat memulai berbisnis sabun batang.

Sebelum acara ditutup, peserta diminta mengisi post-test yang telah disediakan panitia untuk mengukur sejauh mana ilmu yang disampaikan dapat dipahami. Dari hasil post-test yang dilakukan didapatkan adanya peningkatan pemahaman terkait sabun batang dan peluang bisnisnya menjadi 82% yang semula sebesar 73% saat pre-test.

Antusiasme dan kepuasan warga Kelurahan Beji Timur terlihat dari evaluasi yang mereka isi dimana 95% dari peserta merasa sangat puas dengan pelatihan pembuatan sabun batang ini.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X