id
id

Mahasiswa FTUI kembangkan Stasiun Cuaca Cerdas dan Portable

Stasiun Cuaca Karya Mahasiswa FT UI
Stasiun Cuaca Karya Mahasiswa FT UI

Tiga mahasiswa FTUI yang terdiri atas Adika Bintang Sulaeman (Teknik Komputer 2012), Jendra Riyan Dwiputra (Teknik Elektro 2012), dan I Made Sanadhi Sutandi (Teknik Komputer 2012) membangun dan mengembangkan stasiun cuaca mini berbasis piranti cerdas dan Internet of Things untuk Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi  (GEMASTIK) ke- 8 yang akan diadakan pada 26-29 Oktober 2015 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2015, merupakan program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M)  DIKTI,  sebagai  upaya  untuk  meningkatkan  kualitas  peserta  didik  sehingga  mampu mengambil  peran  sebagai  agen  perubahan  dalam  memajukan  TIK  dan  pemanfaatannya  di  Indonesia. Adapun tema yang diusung pada tahun ini adalah “Kreativitas dan Inovasi Pemuda Menuju Masyarakat Indonesia Berdikari”.

Dibawah bimbingan F. Astha Ekadiyanto (dosen Teknik Komputer FTUI), ketiga mahasiswa ini mendapatkan kesempatan untuk menjadi delegasi kampus dan maju ke babak 10 besar (final) pada kategori piranti cerdas dan Embedded System. Sanadhi perwakilan dari tim mengatakan bahwa permasalahan tani di Indonesia merupakan salah satu motivasi untuk mengembangkan sistem tersebut. “Fenomena El – Nino dan dampaknya terhadap pergeseran iklim di Indonesia menyebabkan cuaca kering yang ganjil. Hal ini memberikan dampak negatif terhadap komoditi dan agrikultur” ─ujar Sanadhi. Berakar dari hal tersebut Adika, Jendra, dan Sanadhi mengangkat judul besar “Sistem Cerdas Pendeteksi dan Pemantau Cuaca Menggunakan Algoritma Batch Backpropagation untuk Membantu Usaha Tani Masyarakat Indonesia” pada ajang Gemastik yang ke-8.

Sistem menggunakan prinsip pembelajaran jaringan saraf tiruan (JST) untuk dapat membedakan cuaca berdasar parameter-parameter pertanian yang ada seperti suhu, kelembapan udara, kecepatan angin, intensitas cahaya, curah hujan, dan juga tekanan udara. Tidak hanya cerdas secara fungsional, stasiun cuaca yang mereka kembangkan memiliki mekanisme suplai daya mandiri (cerdas operasional) dengan mengandalkan tenaga surya (solar panel). Hasilnya data parameter cuaca, hasil klasifikasi cuaca, dan rekomendasi komoditas dapat dilihat pada website www.ee.ui.ac.id/memce2/

Selain mereka, terdapat 16 tim lain dari UI yang menjadi finalis pada berbagai kategori lain GEMASTIK 8 seperti Pemrograman, Data Mining, Desain UX, Keamanan Jaringan, Perancangan Perangkat Lunak, dan Bisnis TIK. (DTE FTUI)

X