Mahasiswa Program Doktor (S3) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Aida Mahmudah Aji mengembangkan Micro-Forming tools dan analisis parameter proses pada proses manufaktur partmikro. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2,5 tahun tersebut disampaikan dalam Sidang Disertasinya yang dilakukan pada Rabu, 9 Januari 2019 di Ruang Chevron Gedung Dekanat FTUI Depok dan berhasil mengantarkannya meraih Gelar Doktor di bidang Teknik Mesin.

Dalam disertasi berjudul “Pengembangan Micro-Forming Tool dan Analisis Parameter Proses Pada Proses Manufaktur Part Mikro” Aida menjelaskan Proses micro-blanking dan micro-bending mengisi ruang penelitian dan pengembangan micro-foaming yang cukup banyak. Hal ini mewakili kondisi sebenarnya, dimana kedua proses tersebut memiliki tingkat aplikasi yang tinggi. Selain itu juga keduanya merupakan proses dasar dari proses pembentukan material lembaran lainnya. Namun, peningkatan kualitas produk yang dihasilkan masih memerlukan pengembangan. Keberhasilan sebuah proses manufaktur dapat diindikasikan dari kualitas produk yang dihasilkan. Untuk meningkatkan kualitas produk hasil proses micro-forming, diperlukan pengembangan pada aspek aspek system micro-forming. Namun, tingkat kesulitasn yang cukup tinggi pada proses fabrikasi micro-forming tool menuntut kesederhanaan disain dan kemudahan pemilihan komponen standar.

Aida berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan para penguji yang terdiri dari Prof. Dr. R. Danardono Agus Sumarsono, DEA.PE, Jos Istiyanto, ST.,MT., PhD, Dr. Ario Sunar Baskoro, ST., MT., M.Eng, Sugeng Supriadi, ST., MSEng., PhD dan Dr. Rusnaldy, ST., MT., dengan Promotor Prof. Dr. Ir. Gandjar Kiswanto. M.Eng dan Ko Promotor Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.

FacebookTwitter
X