Dua tim mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia (UI) meraih penghargaan pada empat kompetisi gas dan petrokimia tingkat nasional dan internasional. Mereka menjadi Juara Pertama dalam dalam Petroleum Smart Competition Process Engineering and Energy Days (PGD) 2021, Juara Kedua pada Petroleum Smart Competition Petroleum Integrated Competition (PROTECT) 2021, Juara Pertama di kompetisi Petrobrain Competition Society of Petroleum Engineers Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Student Chapter Intellectual Day 2021 (SID), dan Juara Kedua pada Petroleum Smart Competition Petroleum Integrated Days (Petrolida) 2021.

Tim Alif FTUI yang beranggotakan Savira Alivia Salsabila (Teknik Kimia 2019), Firman Akbar Reza (Teknik Kimia 2019), dan Muhammad Fariz Ramdani (Teknik Kimia 2018) meraih tiga penghargaan pertama diraih dan tim Lacustrine UI yang beranggotakan Savira Alivia Salsabila (Teknik Kimia 2019), Farhan Palgunadi (Teknik Bioproses 2018), dan Muhammad Ishaidir Siregar (Geofisika 2017) meraih satu penghargaan terakhir.

Process Engineering and Energy Days (PGD) adalah lomba berskala internasional yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada tanggal 13 Maret 2021 dan diikuti oleh 42 peserta yang dibagi menjadi 14 tim. Petroleum Integrated Competition (PROTECT) adalah lomba berskala nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina pada tanggal 3 April 2021 dan diikuti oleh 27 peserta atau 14 tim. Society of Petroleum Engineers Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Student Chapter Intellectual Day 2021 (SID) adalah lomba berskala internasional yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi Malaysia pada tanggal 22 Mei 2021 dan diikuti oleh 45 peserta yang dibagi menjadi 15 tim. Petroleum Integrated Days (Petrolida) adalah lomba berskala internasional yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan diikuti oleh 36 peserta atau 12 tim.

“Seluruh lomba yang kami ikuti merupakan jenis lomba Petroleum Smart Competition, yaitu lomba cerdas cermat yang bertemakan oil and gas. Dalam lomba-lomba ini, terdapat beberapa topik baik teknis maupun trivia mengenai oil and gas. Topik teknis biasanya mencakup geologi, drilling, dan produksi. Trivianya dapat berupa sejarah dan perkembangan oil and gas di dunia. Tujuan dari lomba petroleum smart competition ini adalah memupuk dan meningkatkan pengetahuan tentang berbagai ilmu dalam oil and gas,” kata Savira yang tergabung dalam tim Alif FTUI dan tim Lacustrine UI.

“Petroleum Smart Competition diadakan oleh Society of Petroleum Engineers (SPE) maupun Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI). Sejak pandemi, cabang lomba ini diselenggarakan secara online. Teknis lombanya pun bermacam-macam sesuai dengan universitas maupun instansi penyelenggara, mulai dari bermain secara individual maupun menggunakan buzzer online (adu cepat) untuk menentukan tim mana yang berhak menjawab terlebih dulu. Tim dengan poin tertinggi akan menjadi pemenangnya,” kata Firman terkait teknis lomba.

“Sebelum mengikuti lomba Petroleum Smart Competition ini, Tim delegasi dari UI dilatih oleh KPD Departemen Teknik Kimia, yaitu Society of Petroleum Engineers Universitas Indonesia Student Chapter (SPE UI SC). Organisasi ini membantu para delegasi yang ingin mengikuti lomba oil and gas untuk diberikan pelatihan. Bentuk pelatihannya pun bermacam-macam bergantung pada jenis lomba yang diikuti,” ujar Ishaidir.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. turut menyampaikan dukungan dan kebanggaannya, “Meskipun kondisi pandemi memaksa para mahasiswa untuk berkompetisi secara daring, hal ini ternyata tidak melonggarkan semangat mereka. Mereka tetap bersemangat untuk mengikuti berbagai kompetisi baik di dalam maupun d luar negeri. Universitas Indonesia selalu mendukung para mahasiswa kami untuk dapat terus mengasah dan memacu semangat berinovasi para mahasiswa sehingga dapat menghasilkan solusi-solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat.”

FacebookTwitter
X