id
id

Mahasiswa UI Raih Predikat Makalah Terbaik pada Simposium Internasional

Alifya A. Khairany (FTUI ‘18), Fikui Siami (FMIPA UI ‘17),  dan Yohannes Maruli (ITS ‘20) berpartisiasi dalam International Youth Summit of Renewable Energy (IYSRE). Pada konferensi ini, ketiga mahasiswa tersebut menyusun artikel ilmiah berjudul “Market and Financial Scheme Analysis of Photovoltaic Solar House System Based in Payback Period from Existing Business Models in Jakarta, Indonesia”. Artikel ilmiah ini disusun bersama mentor yang ahli dalam bidangnya, yakni seorang mahasiswa program master di Jerman,  Timothy Mintargo. Berkat penelitian yang mendalam mengenai topik pemasangan solar sistem di rumah, akhirnya pada 5 oktober 2021, Alifya dan tim berhasil mendapat predikat Best Paper dan berhasil mengharumkan nama almamater dan Indonesia di kancah Internasional.

Alifya dan tim mencoba mencoba memanfaatkan potensi besar yang Indoensia miliki dalam bidang solar energy. Potensi ini bahkan telah didukung oleh Kementrian Enrgi dan Sumber Daya Minera Republik Indonesia dengan targer pemasangan solar power sampai 6.4 GWp pada 2025. Penelitian yang Alifya dan tim susun bertujuan untuk memberikan gambaran bagi masyarakat mengenai pemasangan solar sistem di rumah, serta keuntungan yang akan masyarakat peroleh, baik dari segi finanial dan segi bisnis. Hal ini dapat membantu peningkatan pemanfaatan solar energy ketika masyarakat terlebih dahulu mengetahui manfaat yang mereka dapatkan setelah pemasangan sistem tersebut.

“Kami menganalisis  Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR),  Levelized Cost of Energy (LCOE). dan Payback Period pada paper ini. Kalkulasi dilakukan dengan pencarian data, perhitungan beban listrik dan produksi Photovoltaic (PV )harian, hingga membuat excel model untuk skema finansial. Kami juga melalukan diskusi dan wawancara dengan 3 orang dari EPC maupun Developer untuk Solar Panel di Indonesia,” kata Alifya.

Setelah berbagai persiapan dan penelitian dilakukan selama Juni—Agustus 2021, Alifya dan tim maju ke tahap presentasi pada 27 Agustus 2021. Mereka mempresentasikan hasil penelitiannya pada Simposium 1 dan 2 yang bertemakan “Renewable Energy Shifting Strategies Through Policy, Social Awareness and Economic Model” dan “Green Urban System and City Development.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X