id
id

MALAM SWARNA KARYA UNTUK INDONESIA

SwarnaDi usianya yang ke-50, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) semakin berkembang dengan sangat pesat dan membanggakan. Di usia emasnya ini, saat ini FTUI memiliki jumlah Guru Besar (Profesor) terbanyak di Universitas Indonesia, prestasi staf pengajar dan mahasiswanya juga semakin meningkat, baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Para alumni FTUI juga terus menunjukkan pencapaian karir yang semakin baik, kompetensi yang telah teruji, dan tingkat profesionalitas yang semakin baik. Kontribusi karya dan profesi mereka dapat dirasakan tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga di dunia internasional.

Para Alumni FTUI yang jumlahnya hampir 20.000 orang, kini tersebar di seluruh penjuru dunia. Cabang-cabang Ikatan Alumni FTUI telah tersebar mulai dari Qatar hingga Jerman, memberikan manfaat ilmu mereka bagi masyarakat, bangsa dan negara. Sebagai bagian dari keluarga besar FTUI, para alumni merupakan inspirasi bagi kita semua dalam hal rekam jejak dan keberhasilannya. Malam Swarna Karya Untuk Indonesia: 50 Tahun Perjalanan Karya & Pengabdian Emas FTUI Untuk Indonesia merupakan malam penghargaan FTUI dan Ikatan Alumni FTUI kepada 50 orang Tokoh Alumni FTUI yang Inspirasional.

Proses pemilihan 50 tokoh ini dimulai sejak awal tahun 2014 dengan membagi menjadi 5 kategori sektor pekerjaan yaitu: Pendidik-Peneliti, Profesi Keteknikan, Sosial-Budaya, Pengusaha dan Politik-Pemerintah. Setiap kategori dapat dinilai dari prestasinya dalam hal: Konsistensi, Networking, Publikasi atau HAKI, Dampak atau Pengakuan, dan Inovasi atau Motivasi. Beberapa tokoh yang memperoleh penghargaan antara lain: Ir. Ade Ruchyat Susardi (Direktur PT. Nokia Solusi Networks), Dr. Ir. Akbar Tandjung, Dr.Ir. Andy Noorsaman Sommeng, DEA (Kepala BPH Migas), Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM. (Rektor Universitas Mercu Buana), Prof., Dr., Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA (Gubernur Lemhanas), Dr. -Ing. H. Fauzi Bowo (Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman), Ir. Harry Jaya Pahlawan, Dipl.Ec, MSc (Direktur PLN), Ir. Irvan K. Hakim, MBA (Komisaris Utama PT. Krakatau Industrial Estate Corp, PT. Indo Japan Steel Center, PT. Krakatau National Resources, PT. Krakatau POSCO), Ir. Johan Budi SP (Kepala Biro Humas KPK RI), Ir. Supangkat Iwan Santoso, M.T. (Direktur Utama PT Indonesia Power), dan masih banyak lagi.

Acara diselenggarakan di Grand Ballroom Hotel Sultan pada tanggal 30 Agustus 2014, dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. (PJ. Rektor Universitas Indonesia), para pimpinan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Prof Dr. Kalamullah Ramli (Ketua Ikatan Alumni FTUI dan Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI) Kemkominfo) dan akan dihadiri oleh lebih dari 400 orang alumni FTUI. Selain pemberian penghargaan bagi 50 Tokoh Alumni FTUI, Malam Swarna Karya Untuk Indonesia juga akan diisi dengan Peluncuran Buku 50 Tahun FTUI dan Film 50 Tahun FTUI yang merupakan catatan perjalanan FTUI sejak berdirinya tahun 1964-2014 serta Peluncuran Endowment Fund Iluni FTUI sebagai langkah awal alumni FTUI utk berdarma bakti ke almamater dengan berkesinambungan. (Humas FT)

X