id
id

Mapres FTUI Raih Dua Penghargaan pada Pilmapres 2021 Tingkat UI

Mahasiswa Berprestasi Utama Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI),  Ziyan Muhammad Aqsha meraih dua penghargaan pada ajang Penganugerahan Pilmapres 2021 Tingkat UI. Ziyan meraih penghargaan pada kategori Gagasan Kreatif Terbaik dan kategori Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi Terbaik.

Pengumuman pemenang mapres UI tersebut diumumkan pada ajang Penganugerahan Pilmapres 2021 Tingkat UI, yang diselenggarakan secara daring di kanal Youtube UI dan Youtube UI Teve pada Jumat (4/6). Pada acara tersebut hadir Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Koordinator Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Sukino, serta jajaran pimpinan di fakultas maupun program yang ada di UI.

Dalam sambutannya, Prof. Ari Kuncoro menyampaikan rasa bangga akan perjuangan dan tekad kuat para finalis untuk terus mengikuti tahap seleksi Mapres, meskipun kegiatan ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19. “Hal ini hendaknya jangan dipandang sebelah mata. Pada masa normal, di saat perkuliahan tatap muka, mungkin proses belajar sudah cukup melelahkan bagi sebagian orang, apalagi pada kondisi pembelajaran jarak jauh seperti sekarang. Prestasi para finalis yang ada disini adalah sebuah bukti bahwa bagi mereka yang sungguh-sungguh belajar, restriksi bukanlah halangan untuk menghasilkan prestasi,” ujarnya.

Proses seleksi Mapres UI dimulai dari tingkat fakultas, kemudian ke tingkat universitas. Dalam tahapan universitas, para mahasiswa harus menunjukkan keunggulan dalam berbagai bidang, seperti penulisan karya tulis ilmiah, wawancara, bahasa Inggris, dan tes psikologi. Penggalian karakter mahasiswa dilakukan para juri, termasuk dengan penelusuran Curriculum Vitae (CV).

Ayers Gilberth Ivano Kalaij dari Fakultas Kedokteran (FK), dan Salwa Rafila mahasiswa program Vokasi Administrasi Rumah Sakit, terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) utama jenjang Sarjana dan Vokasi Universitas Indonesia (UI) 2021. Keduanya akan mewakili UI dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berpestasi (Pilmapres) Nasional pada Mei – September 2021 yang akan datang. Juara kedua dan ketiga jenjang sarjana diraih Khairunnisa Salsabila Lutfi dan Viandra Salsabilla Arif Tjokroadiredjo.

Dalam ajang ini juga terdapat sejumlah penghargaan lain di luar Mapres Utama, yaitu penghargaan kategori Karakter Terbaik yang berhasil diraih oleh Khairunnisa Salsabila Lutfi (FF), kategori CV dan Capaian Unggulan Terbaik oleh Ayers Gilberth Ivano Kalaij (FK), dan kategori Bahasa Inggris Terbaik oleh Nurul Zamzami (FH). Selain itu, terdapat juga penghargaan pada beberapa kategori rumpun ilmu, yaitu Rumpun Ilmu Kesehatan Terbaik yang berhasil diraih oleh Ayers Gilberth Ivano Kalaij (FK) dan Kategori Rumpun Ilmu Sosial-Humaniora Terbaik oleh Nurul Zamzami (FH).

Para finalis berasal dari seluruh Fakultas/Program di UI, mereka adalah: Ayers Gilberth Ivano Kalaij dari Fakultas Kedokteran (Fakultas Kedokteran/FK), Viandra Salsabilla Arif Tjokroadiredjo (Fakultas Kedokteran Gigi/FKG), Timothy Kennedy (Fakultas Kesehatan Masyarakat/FKM), Monica Dewi Siregar (Fakultas llmu Keperawatan/FIK), Khairunnisa Salsabila Lutfi (Fakultas Farmasi/FF), Fathinah Asma Izzati (Fakultas Ilmu Komputer/Fasilkom), Gracella Jovita (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/FMIPA), Ziyan Muhammad Aqsha (Fakultas Teknik/FT), Nurul Zamzami (Fakultas Hukum/FH), Ivan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis/FEB), Sandra Novita Manik (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya/FIB), Hanun Thalia (Fakultas Psikologi/F.Psi), Cathlin Rosemerie Wahjoedi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/FISIP), Diva Agristya Wibowo (Fakultas Ilmu Administrasi/FIA). Para finalis dari program Vokasi adalah Salwa Rafila, Calvin Nick Mahesa dan Ellisa Ade Yunita.

X