id
id

Masa Adaptasi Dunia Kampus (MADK) FTUI 2018

1300 mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mengikuti pembukaan Masa Adaptasi Dunia Kampus yang dilaksanakan di Balairung UI Depok hari Rabu, 15 Agustus 2018. Seluruh mahasiswa mengikuti acara dengan antuasias yang dikemas dalam bentuk Idea Talk dan Inspirational Talkshow dengan tajuk “Revolusi Karakter Bangsa Melalui Etika Mahasiswa” dihadiri oleh  Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng (Dekan Fakultas Teknik UI), Dr. Ir. Muhamad. Asvial, M.Eng (Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan), Dr. Badrul Munir, ST., M.Eng.Sc (Manajer Kemahasiswaan & Alumni), Pandji Pragiwaksono (Public Figure), Hardiansyah (Ketua BEM FTUI 2017).

Secara Khusus Dekan FTUI menyampaikan dan menjelaskan tentang pandangan mengenai generasi milennials yang ditinjau dari aspek akademis, etika dan pengembangan diri. Generasi milennials merupakan generasi yang lebih luas pemikirannya yang berbeda dengan generasi lain. Hal ini banyak dipengaruhi oleh munculnya smartphone, meluasnya internet, dan munculnya jejaring social media. Ketiga hal tersebut banyak mempengaruhi pola pikir, nilai-nilai dan perilaku yang dianut, yaitu generasi muda yang saat ini berusia 15-34 tahun. Dekan FTUI juga menjelaskan etika yang seharusnya diterapkan mahasiswa dalam lingkungan kampus yaitu berpakaian rapi dan sopan, melakukan peraturan yang berlaku, memberi contoh yang baik dalam berperilaku, saling menghormati dan bertutur kata yang sopan.

Pandji Pragiwaksono juga memberikan tips kepada seluruh mahasiswa baru yang hadir bahwa pelajaran dikampus saja tidak cukup, sebagai mahasiswa teknik juga harus menciptakan peluang dan sesuatu yang baru, dan hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk bangsa kita sesungguhnya adalah dengan memajukan Indonesia lewat karya-karya kita. Karena di era yang serba cepat ini, ada sesuatu yang lebih berharga daripada kecepatan yaitu proses. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya kita menciptakan perubahan, namun untuk merubahnya kita harus menyadari kekurangan dari diri kita. (Humas FTUI)

X