id
id

Memperluas Potensi Komersialisasi Inovasi Otomotif, FTUI Turut Meriahkan TMMIN Supply Chain Exhibition

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali berpartisipasi dalam kegiatan pameran TMMIN Supply Chain Exhibition 2023 yang diselenggarakan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pada 09-10 Februari 2023. Kegiatan ini berlokasi di Plant 3 PT TMMIN di Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh beragam supplier komponen otomotif PT TMMIN ini, FTUI diwakili oleh Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe) dan Unit Wirausaha Inovasi (WIN). Dr. Ir. Feri Yusivar, M.Eng. selaku Kepala RCAVe dan Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng. selaku Kepala Unit Wirausaha Inovasi FTUI turut hadir di pameran ini.

Dr. Ir. Feri Yusivar, M.Eng. menyampaikan, “Keikutsertaan RCAVe pada kegiatan ini diharapkan menjadi sarana untuk semakin memperkenalkan hasil riset inovasi komponen otomotif para inventor FTUI kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi media pertukaran informasi sehingga FTUI juga dapat bertukar ilmu pengetahuan dengan para pelaku industri manufaktur komponen otomotif.”

Rangkaian acara secara resmi dibuka oleh Vice President Director PT TMMIN, Bapak Nandi Julyanto. Dalam sambutannya, Pak Nandi menyampaikan harapannya agar seluruh peserta pameran yang juga merupakan supplier tingkat 1 dan tingkat 2 Toyota dapat semakin bersatu dalam mengembangakan ekosistem industri komponen otomotif di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, RCAVe memamerkan beberapa produk inovasinya yaitu:

  1. Inverter,
  2. Inverter with cooling system,
  3. Power Distribution Unit (PDU) for electric private car,
  4. Power Distribution Unit (PDU) for electric bus,
  5. PSMS Motor,
  6. Sigma Delta Modulated Current Sensor,
  7. Inverter (Molina EV-2),
  8. Vehicle Control Unit (VCU).

“Delapan produk inovasi otomotif ini merupakan bukti bahwa FTUI terus berinovasi dan bergiat mengembangkan produk-produk yang dirasa perlu untuk membantu kemandirian Indonesia di bidang otomotif. Semoga kedepannya industri otomotif Indonesia semakin ramah dan dipenuhi dengan produk inovasi otomatif karya anak negeri,” ujar Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng. menambahkan, “Mengikuti pameran ini juga menjadi upaya FTUI untuk semakin mengembangkan produk lokal komponen otomotif. Oleh karena itu, Unit WIN FTUI sangat terbuka dengan potensi kolaborasi bersama manufaktur otomotif untuk membuat komponen-komponen yang memang dibutuhkan masyarakat Indonesia langsung di dalam negeri.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X