id
id

November Rain: Perayaan Hujan Prestasi FTUI

Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada Selasa (22/11) melaksanakan acara Perayaan Prestasi FTUI. Turut hadir pada acara tersebut Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Fakultas FTUI, Ketua dan Sekretaris Dewan Guru Besar FTUI, beserta jajaran pimpinan FTUI. Selain Perayaan Prestasi FTUI, pada acara tersebut FTUI juga melaksanakan Penandatanganan Kerjasama antara FTUI dengan PT Inspiry Indonesia Konsultan dan Peresmian Smart Classroom JICA.

Perayaan Prestasi FTUI dilaksanakan dalam rangka syukuran atas pencapaian yang telah dicapai FTUI dalam kurun waktu 11 bulan terakhir. Salah satu highlight pencapaian tersebut ialah adalah Fakultas Teknik Universitas Indonesia memperoleh capaian sebagai Kampus Teknik Terbaik di Indonesia berdasarkan perankingan dunia Times Higher Education World University Ranking. Selain itu, prestasi membanggakan lainnya adalah pencapaian Mahasiswa Berprerstasi Utama UI oleh mahasiswa Fakultas Teknik UI, penghargaan kepada para dosen dan peneliti FTUI seperti Prof. Riri Fitri Sari dari Departemen Teknik Elektro FTUI yang meraih Habibie Prize 2022 di bidang Rekayasa dan masih banyak lagi.

“Ini adalah pertama kalinya Fakultas Teknik Universitas Indonesia diberitakan oleh satu lembaga pe-ranking-an, Times Higher Education, sebagai sekolah teknik terbaik di Indonesia. Tentunya ini adalah pencapaian yang luar biasa.  kedua, mahasiswa Fakultas Teknik UI menjadi mahasiswa berprestasi di Universitas Indonesia setelah 30 tahun, dan pencapaian terkahir ialah FTUI sampai saat ini sudah bekerjasama dengan lebih dari 50 negara dengan ratusan universitas,” kata Prof. Heri.

Sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih atas segala dukungan dan kerja berbagai elemen kelurga besar FTUI, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Dekan FTUI. Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada Ketua Senat Akademik Fakultas, Prof. Kemas Ridwan Kurniawan, ST., M.Sc., Ph.D. dan Ketua Dewan Guru Besar Fakultas, Prof. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M.Sc., Ph.D. mewakili seluruh sivitas akademika FTUI.

Dalam sambutannya, Dekan FTUI selain menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada seluruh sivitas akademika FTUI atas pencapaian dan prestasi, beliau juga turut menyampaikan rasa belangsungkawa atas kejadian bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur dan informasi terkait donasi kepada warga yang terdampak bencana.

“FTUI turut berduka atas musibah yang saat ini dialami saudara-saudara kita di Cianjur. Kami turut merasakan pedih dan kehilangan yang mereka alami. Saat ini FTUI tengah melakukan koordinasi intens antara manajemen, mahasiswa, dosen dan alumni terkait donasi yang akan kami galang dan sampaikan langsung kepada warga yang terdampak. Kami juga turut mengundang seluruh elemen masyarakat untuk turut memberikan donasi melalui FTUI. InshaAllah, pekan depan tim FTUI akan langsung turun ke Cianjur untuk menyampaikan donasi kepada yang berhak,” ungkap Prof. Heri.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara FTUI dengan PT Inspiry Indonesia Konsultan terkait Pengembangan Kerja Sama antara Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Mitra Industri. Berdasarkan hasil diskusi antara FTUI dan PT. Inspiry, ada 60 produk unggulan, hasil karya inventor FTUI yang akan dibuka peluang kerjasama dengan mitra manufaktur dan distributor alat kesehatan di Indonesia.

Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara serah terima Smart Classroom JICA. Smart classroom JICA merupakan ruang kelas pintar ke-11 FTUI melengkapi 8 kelas pintar donasi Kapal Api yang diresmikan pada 2019 yang lalu serta 2 kelas pintar donasi Paragon yang diresmikan pada awal tahun 2022.  Komitmen pengadaan smart classroom pertama kali disampaikan oleh JICA pada momen Dies Natalis FTUI ke-58 pada tanggal 17 Juli 2022 yang lalu.

Turut hadir pada acara selebrasi November Rain, Presiden Komisioner PT Inspiry Indonesia Konsultan, Asrul Sani Gunawan, Presiden Direktur PT Inspiry Indonesia Konsultan, Hartanto, S.E., M.M., perwakilan dari PT Karya Medis Nusantara, PT Inovasi Medik Indonesia, PT Cobra Dental, PT Muara Sakti Utama, PT ESHBI Putra Indonesia, dan PT Vijaya Gemilang Lestari dan Peresmian Smart Classroom JICA yang dihadiri oleh JICA Senior Advisor, Hiroyuki, JICA Expert, Ryotaro Takano, Senior Representative JICA Indonesia, Honzu Shigeo, dan Representative JICA Indonesia, Nakajima Tsuyoshi.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X