id
id

Pameran Karya Arsitektur FTUI: Architecture & Nature: Rethinking – Redoing – Repositioning

Arsitektur secara etis adalah bidang ilmu yang memiliki tanggung jawab terhadap manusia dan alam. Namun pada kenyataannya, alam seringkali diabaikan di tengah berbagai kepentingan pembangunan global. Faktor inilah yang menjadi latar belakang Departemen Arsitektur FTUI menyelenggarakan pameran Architecture & Nature: Rethinking – Redoing – Repositioning. Pameran ini dilaksanakan mulai dari tanggal 11-18 Oktober 2022, bertempat di Engineering Center, Departemen Arsitektur (Lantai 1-3), dan i-CELL (Studio Arsitektur, lantai 4).

Pameran ini berfungsi sebagai katalis untuk memposisikan kembali pemahaman dan respon kita sebagai manusia terhadap alam, menyelidiki eksistensi hewan, tumbuhan, dan manusia serta kohabitasinya dalam lingkungan. Diharapkan pameran ini juga dapat menjadi platform bagi mahasiswa Departemen Arsitektur FTUI untuk menemukan kembali keingintahuan dan kekaguman terhadap alam sebagai dasar dari proses desain kreatif. Pada prosesnya, mahasiswa diharuskan untuk mengamati hewan dan tumbuhan, serta memahami materialitas, struktur, dan skenario alam.

Karya-karya yang dihadirkan dalam pameran merupakan kompilasi dari mahasiswa angkatan 2020, 2021, dan 2022 Departemen Arsitektur FTUI. Dalam penyelenggaraannya, pameran Architecture & Nature membawa 3 tema utama sebagai fokusan obyek karyanya. Tema pertama adalah Nature’s Inquiry yang ditugaskan untuk mahasiswa tahun 2022. Mereka ditugaskan untuk menyelidiki susunan dan konfigurasi tempat tinggal alami yang dibuat berbagai hewan di habitatnya masing-masing, kemudian membuat karya kreatif berdasarkan penyelidikan mereka.

Tema kedua adalah Guarding Nature yang ditugaskan untuk mahasiswa angkatan 2021. Dalam tema ini, mahasiswa berfokus pada menunjukkan konektivitas spasial dalam menjaga alam dan bertahan di dalamnya. Terakhir, tema ketiga adalah Rearing Nature yang ditugaskan untuk mahasiswa angkatan 2020. Fokus dari tema ini adalah mengamati sistem teknologi untuk menjaga kelestarian hewan, mengatur tanaman, serta manusia.

Pameran ini berjalan dibawah bimbingan beberapa dosen pengampu Departemen Arsitektur, yakni Paramita Atmodiwirjo, S.T., M.Arch., Ph.D, Rini Suryantini, ST. M.Sc., Yandi Andri Yatmo, S.T., M.Arch., Ph.D., beserta dosen-dosen lainnya sebagai fasilitator. Zetin, salah seorang mahasiswa Departemen Arsitektur 2021 menyampaikan harapannya dengan terselenggaranya pameran ini, “Semoga orang-orang yang mengunjungi pameran ini dapat terbangun kembali kesadaran bahwa kita tidak hidup sendiri, namun berdampingan dengan alam. Sehingga harapannya kedepan alam tetap dapat terjaga kelestariannya”.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X