Pada hari Jumat (04/01), mahasiswa Teknik Komputer yang menjadi peserta mata kuliah Sistem Embedded 1 di tahun ajaran 2018-1 mengadakan kegiatan pameran tugas akhir yang mengambil tema “Outdoor Multimedia”. Pameran tugas akhir MK Sistem Embedded 1 bertempat di Lobby Gedung K yang berlangsung dari pukul 14.00WIB hingga 16.00WIB.

Pameran ini diikuti oleh 16 kelompok yang terbagi ke dalam dua kelas Sistem Embedded dengan dosen pengampu adalah bapak Fransiskus Astha Ekadiyanto S.T., M.Sc. dan bapak I Gde Dharma Nugraha S.T., M.T. Di kelas Sistem Embedded 1 ini, mahasiswa Teknik Komputer mempelajari konsep-konsep dasar sistem embedded yang telah memanfaatkan sensor dan aktuator, karakteristik sistem embedded, komunikasi serial yang bersifat asynchronous dan synchronous, mengumpulkan data serta memproses data tersebut.

Pameran ini menampilkan berbagai aplikasi hiburan dan permainan yang bertujuan untuk menghibur pengguna sebagai bagian dari aktifitas outdoor. Ada aplikasi yang menampilkan animasi LED mengikuti irama lagu, permainan games yang menantang pengguna untuk bergerak dan meraih nilai setinggi-tingginya, juga ada aplikasi yang meniru permainan “guitar hero” tetapi menggunakan gamelan. Pengunjung pameran umumnya sangat terhibur dan terkesan dengan produk-produk sistem embedded yang dikembangkan oleh mahasiswa Teknik Komputer ini, yang umumnya berasal dari angkatan 2016.

Mata kuliah Sistem Embedded 1 yang diajarkan pada semester ganjil Teknik Komputer memang bertujuan untuk memperkenalkan konsep dan karakteristik sistem embedded. Selain itu juga diperkenalkan konsep pemanfaatan sensor dan aktuator serta pengolahan data untuk keperluan sistem embedded. Pameran ini menjadi ajang aktualisasi dan pengaplikasian ilmu-ilmu sistem embedded yang telah disampaikan di kelas.

FacebookTwitter