id
id

Peresmian Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ)

DSC_0092 2

Dari kiri ke kanan: Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA; Ketua Departemen Teknik Elektro FTUI, Ir. Gunawan Wibisono, M.SC., Ph.D; Pendiri Lippo Grup, Dr. Mochtar Riady; Menteri Ristek Dikti, Prof. H. Muhammad Nasir, Ph.D., AK; Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met

 

Departemen Teknik Elektro FTUI melaksanakan Peresmian sekaligus serah terima Gedung MRPQ yang merupakan hibah dari pendiri Grup Lippo, Dr. Mochtar Riady. Peresmian dilaksanakan pada Selasa, 10 Maret 2015 dan dihadiri oleh Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., Bapak Dr. Mochtar Riady, serta Menteri Ristek Dikti Prof. H. Muhammad Nasir, PhD., Ak. Diharapkan dengan penyerahan Gedung MRPQ ini, kontribusi riset dari DTE FTUI di bidang Nano Device akan terus meningkat dan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Latar belakang dibangunnya gedung MRPQ adalah saat Dr. Mochtar Riady memimpin Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia pada periode 2002-2006, salah satu kebijakan yang diputuskan adalah UI harus menjadi pusat riset unggulan di bidang Nanotechnology. Hal ini selaras dengan dengan visi UI untuk menjadi Universitas Riset Kelas Dunia. Dengan berlandaskan keyakinan bahwa Nanotechnology akan sangat mempengaruhi perkembangan peradaban manusia di masa yang akan datang, saat ini telah banyak riset yang terkait Nanotechnology dilaksanakan di Universitas Indonesia.

Di dalam lingkungan Departemen Teknik Elektro (DTE) FTUI, riset di bidang Nano Device merupakan salah satu riset unggulan. Berbagai kerjasama telah dikembangkan antara DTE FTUI terkait Nano Device. Mulai dari kerjasama riset dan akademik dengan Shizuoka University, Jepang dalam bentuk penyelenggaraan Doctoral Double-Degree Program (DDP) yang telah menghasilkan 2 (dua) orang lulusan Doktor dengan dua gelar (Dr. dan Ph.D) dari UI dan Shizuoka University, sampai kerjasama riset di bidang medis yang dikembangkan dengan Mochtar Riady Research Institute of Nanotechnology (MRIN).

Kemajuan riset di DTE FTUI meliputi berbagai bidang, antara lain: Telekomunikasi, Teknik Komputer, Teknik Kendali, Energi Terbarukan dan Nano Device. Perkembangan yang pesat ini tidak lepas dari keunggulan potensi yang dimiliki DTE FTUI, mulai dari potensi SDM riset, networking riset yang luas dan sarana riset yang dimiliki. Salah satu sarana riset terbaru yang dimiliki oleh DTE FTUI adalah Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ) yang dihibahkan oleh Dr. Mochtar Riady, Pendiri Kelompok Lippo.

Gedung MRPQ didirikan di atas lahan seluas 1.900 meter persegi dengan luas bangunan kurang lebih 3.000 meter persegi, memiliki 5 lantai, dan dirancang oleh seorang Arsitek ternama yang merupakan alumni Departemen Arsitektur FTUI, Yori Antar. Dirancang sebagai wadah bagi pembelajaran teknologi nano ini terdiri dari laboratorium riset, ruang kerjasama riset dan ruang pertemuan, ground breaking MRPQ dilaksanakan pada hari Senin 11 Desember 2011 yang lalu. Beberapa sarana riset di MRPQ dilengkapi bersama oleh para dosen dan alumni DTE. (Humas FT)

X