Pada tanggal 17-21 Mei 2022, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU mengunjungi beberapa universitas mitra FTUI di Australia dalam rangka memperkuat dan mengembangkan Program Kelas Internasional FTUI. Prof. Heri dalam kunjungannya, didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan dan Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan.

“Tujuan kunjungan kali ini, selain bertemu dan berdiskusi dengan para pimpinan universitas mitra FTUI di Australia, kami juga bertemu dengan para mahasiswa dan alumni program double degree kelas internasional FTUI yang saat ini sedang menuntut ilmu dan bekerja di Australia. Kami juga melakukan perpanjangan perjanjian kerja sama dengan beberapa mitra yang ada serta menjajaki kemungkinan membuka program kelas internasional dengan mitra baru di Australia,” kata Prof. Heri.

“Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian untuk perkembangan program kelas internasional kedepannya. Selain skema 2+2 yang selama ini dijalankan, mitra juga menawarkan skema yang memungkinkan mahasiswa melanjutkan hingga program magister bahkan program doktoral di mitra. Kemungkinan kerja sama di bidang penelitian juga kami dalami. Antara lain terkait program Prime Engineering dengan University of Melbourne,” ungkap Prof. Yanuar.

Salah satu akademisi dari University of Melbourne, Prof. David Shallcross akan datang ke FTUI untuk memberikan training Professional Development Lectures and Workshop pada November tahun ini atau Februari 2023.

“Ada beberapa hal yang akan menjadi prioritas yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Antara lain, curriculum matching dan course mapping untuk semua program baru yang akan diusulkan program double degree Kelas International dengan mitra, persiapan penandatanganan perjanjian kerja sama untuk program double degree Arsitektur dengan the University of Queensland dan dengan Queensland University of Technoloqy, serta kegiatan match making event antara faculty member untuk kolaborasi penelitian antara FTUI dan mitra di Australia,” kata Prof. Harinaldi.

Selama enam hari perjalanan dinas tersebut, tim FTUI mengunjungi empat universitas di dua kota yaitu The University of Queensland dan Queensland University of Technology di Brisbane serta Monash University dan The University of Melbourne yang terletak di kota Melbourne.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X