id
id

Perkuat Inovasi dan Kewirausahaan, FTUI Lakukan Kunjungan Kerja ke Universitas di Turki

Sebagai bagian dari pengembangan entrepreneurial university, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melakukan kunjungan kerja ke dua universitas di Istanbul, Turki. Kunjungan kerja yang dilakukan oleh tim Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng. ini bertujuan utama untuk mengetahui pengembangan Technology Transfer Office (TTO) dan Start-up/Business Incubator yang sedang dikembangkan oleh universitas-universitas di Turki.

Pada kunjungan pertama ke Sabanci University yang dilakukan pada Kamis, 25 Agustus 2022, tim FTUI disambut oleh Vice Dean for Education Faculty of Engineering and Natural Sciences (FENS), Prof. Dr. Tonguç Ünlüyurt; Vice Dean for Research FENS, Prof. Dr. Selmiye Alkan Gürsel; dan International Relations Officer, Gülin Karahüseyinoğlu. Selain itu, tim FTUI juga berkesempatan untuk mengunjungi manajemen Fakultas Teknik Sabanci University serta mengunjungi beberapa laboratorium disana. Tim FTUI mendapat kesempatan untuk mempelajari pengembangan serta manajemen inovasi dan kewirausahaan di lingkungan kampus Sabanci University di Istanbul, Turki.

Pada kunjungan kedua yang dilaksanakan pada Jumat, 26 Agustus 2022 ke Medipol University, tim FTUI bertemu dengan Dekan Fakultas Teknik Medipol University, Prof. Huseyin Arslan. Dalam kunjungan tersebut, tim FTUI berkesempatan untuk melihat langsung Technology Transfer Office yang dikembangkan oleh Medipol University.

“Kegiatan kunjungan kerja ini semoga dapat membuka kesempatan kerja sama yang berfokus pada inovasi dan kewirausahaan antara Fakultas Teknik Medipol University dan FTUI dimulai dari studi banding Technology Transfer Office,” kata Prof. Huseyin Arslan.

Technology Transfer Office Medipol University sendiri sudah berdiri sejak November 2014 untuk mendukung pengembangan sains dan teknologi yang menjawab kebutuhan di tengah masyarakat. Technology Transfer Office tersebut juga menjadi fasilitas bagi akademisi, mahasiswa, dan alumni Medipol University dalam mengembangkan penelitian sesuai minat dan bakatnya. Karena Medipol University ini sangat kuat bidang kesehatannya, maka project yang banyak dikerjakan adalah pengujian kliniknya. Mereka sangat terbuka untuk bisa bekerjasama terutama di bidang entrepreneurship dan uji klinik.

“Kunjungan kerja ke kedua universitas tersebut, Sabanci University dan Medipol University, diharapkan mampu menghadirkan inspirasi pengembangan inovasi dan kewirausahaan keteknikan di FTUI melalui Technology Management Office dan Entrepreneurship Center yang saat ini berada di bawah manajemen Unit Wirausaha Inovasi FTUI,” kata Dr. Muhamad Sahlan yang juga Kepala Unit Wirausaha Inovasi/Reverse Engineering Center FTUI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X