Universitas Presiden dan JABABEKA Group mengunjungi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (09/06) untuk membicarakan kemungkinan kerja sama antara kedua universitas dan sinergi antara universitas dan industri, dalam hal ini Jababeka Group. Kerja sama yang dijajaki antara FTUI dan Universitas Presiden antara lain dibidang pendidikan, akreditasi dan kurikulum. Turut hadir pada kunjungan tersebut, Chairman JABABEKA Group, Setyono Djuandi Darmono, Ketua Yayasan Pendidikan Presiden, Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Supandji, Rektor Universitas Presiden, Prof. Dr. Ir. Chairy, S.E., M.M. serta Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Dalam sambutannya, Prof. Heri mengungkapkan bahwa tahun ini FTUI memfokuskan 3 nilai, “FTUI pada tahun ini mulai memfokuskan 3 value, Modernisasi dan Internasionalisasi, Unggul dan Berdampak dan juga Entrepreneurship. Modernisasi fasilitas, merubah kelas-kelas konvensional menjadi smart classroom, virtual dan remote laboratorium. Internasionalisasi yaitu double degree dengan universitas-universitas mitra FTUI.”

Selain itu, Dekan FTUI berharap dari kunjungan ini dapat menjalin kerjasama lebih lanjut, “Mudah-mudahan pertemuan pertama ini tidak menjadi pertemuan terakhir dan semoga kita dapat terus melanjutkan pertemuan kerjasama, baik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.”

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Presiden berharap dari pertemuan ini kedepannya dapat mempererat kerjasama antara FTUI dan Universitas Presiden, “Kami harap kunjungan pagi ini dapat menjadi implementasi dari MOU antara UI dan Universitas Presiden yang ditandatangani pada tanggal 20 Februari 2019. Semoga kunjungan hari ini dapat melahirkan rencana implementasi kerjasama antara FTUI dan Universitas Presiden. Salah satunya adalah entrepreneurship. Semoga kerjasama ini dapat bermanfaat, baik untuk Universitas Presiden maupun untuk FTUI.”

Dalam pemaparannya, Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni FTUI, Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto menyampaikan beberapa kerjasama yang dapat dijalin oleh FTUI dan Universitas Presiden, “Beberapa kerjasama yang dapat dijalin adalah Credit Earning (MBKM), Pendidikan Profesi Insinyur (Kelas RPL), Pendidikan Magister/Doktor, Penyelenggaraan Praktikum, Technical Assistant (Curriculum Development), Technical Assistant (Akreditasi LAM Teknik/IABEE) dan Technical Assistant (Cutting Edge Engineering Teaching Method).”

Setelah melakukan diskusi kerja sama, rombongan melakukan tur keliling UI dengan menaiki Bis Listrik UI dan diakhiri di Gedung i-CELL FTUI. Rombongan melihat pameran produk inovasi FTUI sebelum melanjutkan acara dengan podcast Sinergi Perguruan Tinggi dan Industri Menuju Kemandirian Teknologi.

Rombongan Universitas Presiden dan Jababeka Group yang turut hadir adalah Sekretaris Yayasan Pendidikan Presiden, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto, Bendahara Yayasan Pendidikan Presiden, Justin Endramukti, dan Dosen-dosen Universitas Presiden. Sementara dari FTUI turut hadir Manajer Kerjasama, Venturan dan Alumni FTUI, Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Sumber Daya Manusia dan Fasilitas, Dr. Ajib Setyo Arifin, S.T., M.T., Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum FTUI, Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR., Kepala Unit Wirausaha Inovasi dan Kepala Reverse Engineering Center, Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng., Sekretaris Unit Wirausaha Inovasi, Dr. Imam Jauhari Maknun, S.T., M.T., M.Sc. dan jajaran Ketua dan Sekretaris Departemen di lingkungan FTUI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X