Tahun ini, Fakultas Teknik Universitas Indonesia merayakan Dies Natalis ke-56 dengan tema, “FTUI Untuk Indonesia: Bersatu dan Gotong Royong Menghadapi Pandemi COVID-19.”

Apabila biasanya acara puncak perayaan Dies Natalis FTUI dirayakan dengan acara bersama di lingkungan FTUI, tahun ini, dikarenakan pandemi COVID-19, perayaan Dies Natalis ke-56 FTUI dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan siaran langsung melalui akun Youtube resmi FTUI. Puncak acara Dies Natalis ke-56 FTUI diadakan pada Jumat, 17 Juli 2020, di FTUI, Depok. 

“Kenyataan pahit ini, harus kita hadapi bersama dan menjadi cambuk bagi kita untuk ikut turun menghadapi Pandemi COVID-19. Bagaimana kita sebagai salah satu soko guru pembangunan manusia Indonesia, dapat menjawab tuntutan revolusi industri 4.0 dengan mengamalkan ilmu keteknikan yang kita miliki dengan menghadirkan hasil-hasil penelitian yang dapat memberikan solusi pembangunan berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia,” ungkap Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. dalam sambutannya.

Pada perayaan Dies Natalis ke-56, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. juga turut memberikan semangat melalui sambutan yang disampaikan secara daring, “Selamat dan sukses kepada Fakultas Teknik Universitas Indonesia, yang hari ini merayakan Dies Natalis Fakultas Teknik UI ke-56. Semoga para Pimpinan, Dosen, Karyawan, Mahasiswa, dan Alumni Fakultas Teknik UI, dapat terus berkiprah dan berkontribusi, membangun pendidikan tinggi di Indonesia, berlandaskan nilai-nilai Veritas, Probitas, dan Iustitia atau Kebenaran, Kejujuran, dan Keadilan. Jadikan semangat gotong royong FT, untuk bersatu dalam karya bagi Indonesia dan dunia.  Teruskan semangat sinergi, agar dapat menjadi bagian dari problem solver baik di tingkat nasional maupun Internasional.”

Pada acara tersebut, tercatat diikuti oleh 228 orang melalui aplikasi zoom, live streaming pada akun Youtube FTUI diikuti oleh 401 orang, dan sekitar 35 undangan menghadiri acara secara langsung di Ruang Makara 04 Smart Meeting Room. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, dilanjutkan dengan sambutan Dekan FTUI dan sambutan Rektor UI. Tidak ketinggalan pemotongan tumpeng sebagai perlambang ungkapan terima kasih atas berkah dan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Sesuai dengan tema Dies Natalis, pada sambutannya, Pak Dekan mengungkapkan 7 (tujuh) produk riset FTUI yang sebagian besar merupakan produk riset yang telah diproduksi dan didistribusikan secara luas, yaitu: Movable Hand Washer yang telah diproduksi dan didistribusikan sebanyak 250 unit, Bilik Disinfektan Cepat (75 unit), Propolis asli Indonesia yang kini dikembangkan dalam bentuk kapsul dan siap diedarkan dalam waktu dekat, Flocked Swab yang telah didistribusikan sebanyak 100 ribu unit dengan target distribusi berikutnya 500 ribu unit, Bilik Swab yang telah diproduksi dan ditempatkan di RSUI dan Lab Mikrobiologi FKUI, Ventilator UI COVENT-20 yang telah diproduksi dan dalam proses distribusi sebanyak 300 unit, dan yang terbaru adalah High Flow Nasal Cannula yang saat ini masih dalam tahap prototipe.

Dua dari tujuh produk riset tersebut ditampilkan lebih jelas lagi pada webinar FTUI dengan tema Kontribusi FTUI Dalam Masa Pandemi COVID-19. Pada webinar tersebut, ditampilkan dua pembicara yaitu: Dr. Basari, S.T., M.Eng (Ketua Tim Ventilator UI dan Ketua PS Teknik Biomedik FTUI) dengan topik presentasi Ventilator UI, COVENT-20, serta Dr.-Ing. Ridho Irwansyah, ST., M.Eng. (Anggota Tim HFNC UI dan Dosen Departemen Teknik Mesin FTUI) dengan topik presentasi Pengembangan Alat Terapi Oksigen Aliran Tinggi – High Flow Nasal Cannula.

Pada  acara tersebut juga dilakukan peresmian Makara 04 Smart Meeting Room, fasilitas pintar terbaru FTUI yang merupakan ruangan multifungsi dengan berbagai fitur pintar seperti: Smart Presentation (Videotron dan TV), Smart Screen/ Smart View, Teleconference, Wifi connection dan Smart information display. Ruangan ini adalah hasil renovasi Ruang Chevron-Texaco di lantai 1 Gedung Dekanat FTUI.

FTUI juga memperkenalkan  integrated Creative Engineering Learning Laboratory (i-CELL) FTUI, gedung pintar yang terdiri dari 8 lantai dan 1 rooftop laboratorium dengan total luas bangunan 8.410 meter persegi. Gedung ini mengusung teknologi smart and green building yang ramah lingkungan dan efisien di dalam pengelolaan energi pencahayaan, sirkulasi udara, serta menerapkan teknologi water harvesting

Kedua fasilitas terbaru ini merupakan upaya FTUI untuk mengubah proses pendidikan dari Teaching Approach ke Learning Approach yang berfokus kepada mahasiswa serta menciptakan dan menyatukan laboratorium penelitian dan pendidikan yang terintegrasi, nyaman, modern dan memudahkan dilakukannya penelitian lintas disiplin di FTUI. 

Sebagai tradisi acara Dies Natalis FTUI, juga disampaikan berbagai Penghargaan Dekan FTUI atas prestasi yang dicapai oleh Sivitas Akademika FTUI berdasarkan beberapa bidang yaitu: penghargaan di bidang Pendidikan, penghargaan di bidang Riset dan Pengabdian Masyarakat, penghargaan di bidang Kerjasama dan Ventura, penghargaan di bidang Pengembangan dan Penjaminan Sistem Manajemen dan Penjaminan Mutu Akademik, penghargaan khusus untuk Prestasi Mahasiswa dan penghargaan khusus dekan kepada Karyawan yang akan pensiun di tahun 2020, yaitu Ibu Liswebmi (SDM Fakultas), Bapak Ngatimin (Dept. Teknik Metalurgi & Material) dan Bapak Sanjaya (Dekanat Fakultas).

Tayangan Dies Natalis ke-56 FTUI dapat disaksikan melalui Youtube Channel Resmi FTUI di tautan: https://youtu.be/6l0P2gpRReY

FacebookTwitter
X