Jumat, 7 Januari 2022, Dekan terpilih Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) periode 2022-2026, Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU dilantik menggantikan Dekan FTUI periode 2018-2022, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. Pelantikan dilaksanakan pada acara sertijab hybrid yang dilaksanakan pada pagi hari.

Setelah acara pelantikan, FTUI merayakan penyerahan tongkat estafet kepemimpinan dalam acara Pisah Sambut Dekan FTUI. Selain Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. dan Prof. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, turut hadir pada acara tersebut Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Fakultas FTUI, Ketua dan Sekretaris Dewan Guru Besar Fakultas, Para Wakil Dekan, Ketua Departemen dan Para Manajer di lingkungan FTUI periode 2018-2022, Para Calon Wakil Dekan, Ketua Departemen dan Para Manajer di lingkungan FTUI periode 2022-2026, Ketua dan Wakil Ketua Ikatan Alumni mewakili para Alumni FTUI yang tersebar diseluruh dunia, Ketua MPM dan BEM FTUI mewakili seluruh mahasiswa FTUI, dan empat orang perwakilan tenaga kependidikan FTUI, Ibu Suprapti, Ibu Melya, Ibu Evy Surpiningsih dan Bapak Aryadi.

Pada salam perpisahan yang dirangkum dalam “Surat untuk Semua”, Dr. Hendri mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukur dan terima kasih akan kerjasama dan kebersamaan yang terbangun ini telah menghasilkan banyak prestasi dan kemajuan di FTUI selama empat tahun kepemimpinannya.

“Saya bukan siapa-siapa tanpa kawan-kawan dalam tim manajemen baik fakultas ataupun departemen, juga kolega dosen, tendik, mahasiswa, alumni FTUI termasuk masyarakat UI. Gotong royong itu mudah diucapkan akan tetapi memang tidak mudah dalam implementasinya harus dilakukan dengan budaya kolegialitas,” kata Dr. Hendri.

Pada sambutan pertamanya sebagai Dekan FTUI periode 2022-2026, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU mengungkapkan rasa terima kasih atas prestasi dan pencapaian Dr. Hendri dan tim manajemennya selama empat tahun terakhir.

“Hari inilah serah terima tongkat estafet kepemimpinan di Fakultas Teknik. Sudah menjadi kewajiban saya sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan ini untuk meneruskan dan menjadikan FTUI lebih baik lagi. Mudah-mudahan dari seluruh perjalanan FTUI (dibawah kepemimpinan dekan-dekan sebelumnya), perkembangan FTUI yang sangat positif semoga dapat diteruskan dalam suatu kerangka pembangunan yang berkelanjutan,” ungkap Prof. Heri.

“Pak Hendri bukan hanya sekedar dekan sebelumnya bagi saya. Beliau juga saya anggap sebagai mentor dan abang saya disini. Hal-hal yang sudah baik akan kita teruskan dan kita lanjutkan. Bersama-sama tim manajemen, SAF, DGB, para tendik dan mahasiswa kita sama-sama melanjutkan pembangunan FTUI menjadi lebih hebat dan lebih baik lagi dengan tema entrepeneur FTUI, unggul dan berdampak.”

Turut hadir secara daring adalah Wakil Walikota Depok, Ir. Imam Budi Hartono yang juga merupakan alumni FTUI dari program studi Teknik Gas dan Petrokimia angkatan 1987. Beliau turut menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Dekan FTUI dan mengucapkan ucapan terima kasih kepada ‘Bro’ Hendri atas kepemimpinannya sebelumnya.

“Bro Hendri merupakan dekan yang sangat dekan dengan semua orang. Sebuah tantangan bagi Prof. Heri untuk melanjutkan kebijakan dan pencapaian Pak Hendri di FTUI. Semoga dapat lebih baik lagi. Semoga Fakultas Teknik tetap jaya dan dapat terus bekerja sama dengan pemerintah kota Depok dan agenda-agenda yang telah dibuat antara Pemkot Depok dan FTUI dapat berjalan terus, termasuk didalamnya rencana perwujudan tempat wisata bersejarah di Kota Depok lama,” ungkap Ir. Imam.

Prof. Heri juga memperkenalkan tiga Kepala Unit baru yang akan dimulai pada periode beliau, yaitu Kepala Unit Kepala Unit Wirausaha Inovasi, Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan dan Kepala Unit Pendidikan dan Riset Multidisiplin Keteknikan serta fungsi dan tugas kedepan dari tiga kepala unit tersebut. Pada acara tersebut ditampilkan video-video ungkapan terima kasih dan apresiasi atas kinerja luar biasa kepada Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. Video berasal dari perwakilan komunitas Ikatan Alumni FTUI dan perwakilan sivitas akademika FTUI.

Great is the art of the beginning, but greater is the art of the ending
— Henry Wadsworth Longfellow.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X