Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meraih beberapa prestasi membanggakan pada ajang Anugerah Hak Kekayaan Intelektual Produktif dan Berkualitas 2020. Dua jurnal internasional dibawah pengelolaan FTUI dan artikel ilmiah dari dua dosen dan peneliti FTUI memperoleh penghargaan pada ajang yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementrian Riset dan Teknologi (Kemristek) pada Selasa, 18 November 2020. 

Pada acara tersebut, FTUI diwakili oleh Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., Editor-in-Chief IJTech, Mohammed Ali Berawi, M. Eng.Sc., PhD. dan Guru Besar Departemen Teknik Elektro FTUI, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari.

Dua Jurnal Internasional kebanggaan FTUI, International Journal of Technology (IJTech) dan Interiority (jurnal internasional di bidang arsitektur dan arsitektur interior) meraih penghargaan Jurnal Ilmiah Indonesia Bereputasi Internasional. Kedua jurnal ini merupakan bagian dari empat jurnal internasional yang berasal dari UI yang memperoleh penghargaan. Penghargaan ini diberikan kepada 57 jurnal Indonesia bereputasi internasional dan 40 jurnal Indonesia berkualitas menuju indeksasi standar internasional.

“Penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami di Editorial Board IJTech. Kerja keras dan dedikasi seluruh anggota Editorial dalam mengawal jurnal ini sehingga berhasil mencapai klasterisasi kualitas jurnal tertinggi Q1 Scopus. Jumlah sitasi IJTech meningkat cukup pesat sejak tahun 2016 hingga 2019. IJTech juga giat meningkatkan jumlah publikasi per tahun dengan tetap menjaga kualitas paper-paper yang terbit. Saat ini, rata-rata satu artikel IJTech mendapatkan minimal dua sitasi,” papar Editor-in-Chief IJTech, Mohammed Ali Berawi, M. Eng.Sc., PhD.

Ditemui dikesempatan terpisah, Prof. Paramita Atmodiwirjo, ST, M.Arch., Ph.D. selaku Editor-in-Chief Interiority mengungkapkan, “Merupakan suatu kebanggaan bagi kami bahwa jurnal Interiority yang penerbitannya masih terbilang belum lama yaitu kurang dari tiga tahun telah memperoleh pengakuan sebagai jurnal bereputasi internasional. Kehadiran jurnal Interiority memperkuat posisi Universitas Indonesia sebagai pusat pengembangan wacana keilmuan khususnya dalam bidang arsitektur dan interior di tingkat internasional.”

Dua dosen dan peneliti FTUI berhasil mendapatkan penghargaan pada kategori Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi Bidang Non Kesehatan dan Obat. Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, guru besar Departemen Teknik Elektro dengan artikel yang berjudul Load Estimation and Connection Request Barring for Random Access in Massive C-IoT yang dimuat dalam IEEE Internet of Things Journal, 2020 dan Dr. Muhammad Arif Budiyanto, dari Departemen Teknik Mesin dengan artikel berjudul The Optimization of Exergoenvironmental Factors in the Combined Gas Turbine Cycle and Carbon Dioxide Cascade to Generate Power in LNG Tanker Ship yang dimuat dalam Jurnal Energy Conversion and Management. Keduanya merupakan bagian dari 20 artikel ilmiah Indonesia berkualitas tinggi bidang nonkesehatan dan obat yang memperoleh penghargaan.

“Ini adalah perjalanan panjang terutama dengan Dr. Ruki Harwahyu dari FTUI dan Prof. Cheng dari NTUST yang membuat Ide Optimisasi untuk Random Access in Massive C-IoT, bisa menjadi output program World Class Professor dan dimuat di Journal Q1 IEEE Journal of IoT. Tak akan mungkin tanpa kerjasama dengan NTUST yang dibangun FTUI sejak 2008 sehingga berbagai program dapat berlanjut. Diantaranya setiap tahun mahasiswa dapat kerja praktek di Taiwan, bahkan extend hingga ke Eurecom di Silicon Valley Perancis – Sophia Antipollis. Semoga semangat terus dapat kita jaga bersama,” ungkap Prof. Riri terkait penghargaan yang diterima.

Lebih lanjut, Dekan Hendri menuturkan, “Kami bangga jurnal-jurnal internasional FTUI turut membantu diseminasi hasil penelitian tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Publikasi ilmiah sangat penting sebagai bukti pertanggungjawaban ilmiah hasil penelitian sehingga dapat dikenal luas. Publikasi dari para peneliti Indonesia maupun luar negeri turut memberikan sumbangsih dalam penerbitan jurnal bereputasi internasional yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan publikasi ilmiah di jurnal internasional dan nasional. FTUI turut mengambil peran mendorong peneliti dan dosen kami untuk meningkatan jumlah publikasi ilmiah dari Indonesia yang saat ini tercatat meningkat pesat.”

Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual menginisiasi program bantuan pemerintah berupa pemberian penghargaan yang meliputi penghargaan Hak Kekayaan Intelektual Produktif, Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi Bidang Kesehatan dan Obat, Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi Bidang Non Kesehatan dan Obat, Penulis Produktif, dan Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah.

Tujuan pemberian penghargaan tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi kepada dosen, peneliti, perekayasa dan SDM Iptek lainnya untuk terus berkarya kapanpun juga dalam bentuk publikasi, kekayaan intelektual dan juga pengelolaan jurnal. Penghargaan diberikan kepada mereka yang menghasilkan hak kekayaan intelektual produktif, mereka yang menghasilkan artikel ilmiah berkualitas tinggi, dan jurnal ilmiah Indonesia bereputasi internasional.

FacebookTwitter
X