Rektor Universitas Indonesia (UI) melantik Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU sebagai Dekan FTUI untuk periode 2022-2026 pada acara sertijab hybrid yang dilaksanakan pada Jumat, 7 Januari 2022. Selain Dekan FTUI, Rektor UI juga melantik Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) periode 2022-2026, serta 18 Wakil Dekan dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Psikologi (F.Psi), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK).

Dalam acara pelantikan tersebut, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., hadir sebagai pembina upacara pelantikan serta dihadiri oleh dua orang saksi yaitu, Ketua Majelis Wali Amanat Saleh Husin, M.Si., dan Ketua Senat Akademik Universitas Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, M.Sc., M.Phil., Ph.D. Pelantikan dilakukan secara hybrid, yaitu secara luring di fakultas masing-masing dan di ruangan para pimpinan UI.

Dalam pidatonya, Prof. Ari Kuncoro menyampaikan selamat kepada para Dekan dan Wakil Dekan yang baru dilantik hari ini. Ia berharap kehadiran pimpinan yang baru dapat memberikan semangat dan inspirasi baru bagi UI. Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada Dekan dan Wakil Dekan lama yang telah memberikan kontribusi luar biasa. “Hal-hal positif yang ditinggalkan akan menjadi legacy dari Bapak dan Ibu,” ujarnya.

“Para Dekan dan Wakil Dekan, ibarat pembawa obor yang selalu harus berada paling depan. Pijarnya tidak boleh padam karena ia merupakan pedoman bagi warga fakultas menuju ke satu titik,” ujar Prof. Ari.

Rektor UI meyakini bahwa semua memiliki kesamaan harapan dan keyakinan membawa UI menuju ke titik tersebut. “Yakni, UI yang berada di posisi bergengsi dalam hal peringkat perangkingan nasional maupun global, menghasilkan riset dan inovasi terdepan, dan berdampak bagi masyarakat, serta pencapaian dari para dosen dan mahasiswa UI sesuai bidang ilmunya. Bersama-sama, kita wujudkan UI sebagai Entrepreneurial University,” ujar Prof. Ari.

Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng terpilih sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) untuk periode 2022 – 2026 setelah melalui rangkaian asessment dari tingkat Fakultas dan oleh pimpinan UI. Asessment dan pengumuman dekan terpilih dilaksanakan pada Senin, 8 November 2021 yang lalu serta  disiarkan langsung melalui kanal Youtube UI Teve.

Pada asessmentnya, Prof. Heri mengajukan visi “Membangun Enterpreneur FTUI yang Unggul Berdampak Tinggi melalui Kolaborasi Multidisiplin berbasis Produktivitas untuk Mewujudkan FTUI yang Unggul dan Berdaya Saing Global”. Untuk mewujudkan visi tersebut, beliau mengajukan beberapa tujuan strategis yang ingin dicapai dalam masa kepemimpinannya, yaitu terwujudnya pendidikan yang dapat beradaptasi dengan industri 4.0 dan berdaya saing global, serta terwujudnya pengembangan kolaborasi riset multisidiplin yang melibatkan pelaku bisnis, industri, pemerintah, alumni, masyarakat, dan juga media.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X