id
id

ProfCast FTUI Episode 11: Drone

ProfCast FTUI episode 11 kembali menghadirkan tamu spesial. Pada episode kali ini menghadirkan Guru Besar Departemen Teknik Elektro FTUI, yaitu Prof. Dr. Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng. Dipandu oleh Dr. Ir. Hendri D. S. Budiono, M.Eng., Prof. Benyamin membahas soal penerapan sistem Artificial Intelligence (AI) pada sistem kendali yang diimplementasikan menjadi Drone.

Drone merupakan pesawat tanpa awak dengan tidak adanya kendali dari manusia sedikit pun. Sistem kendalinya tertanam di dalam jejaring komputer. Drone memiliki beberapa jenis, dapat berupa pesawat terbang bersayap tetap maupun baling-baling.

Mengenai pengembangan Drone, Prof. Benyamin merupakan salah satu Guru Besar FTUI yang melakukan riset mengenai Drone. “Peralihan tugas dari Fasilkom ke FTUI telah meningkatkan fokus riset saya kepada Drone. Sejak 2009, saya fokus memanfaatkan AI pada sistem kendali. Butuh waktu 5-6 tahun hingga berhasil menemukan metode pengembangan AI pada sistem kendali dan akhirnya dapat dipatenkan,” ungkap Prof Benyamin.

Drone memiliki fungsi yang sangat luas. Namun, dalam penggunaannya juga tidak menutup kemungkinan adanya masalah-masalah terjadi. Biasanya terjadi pada sistem kendali autonomous. Selain itu, biasanya terjadi pada bagaimana sistem AI dapat menggantikan sistem matematik.

Ditemui dikesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan, “Indonesia dengan begitu banyaknya pulau, terdiri dari 17.508 pulau dan luas lautan 3,25 juta kilometer. Tentunya, sangat sulit untuk menjaga republik ini, kalau bukan menggunakan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat digunakan, yaitu drone. Drone sangat bermanfaat bagi kehidupan saat ini, khususnya menjadi teknologi tepat untuk digunakan di negara kepulauan seperti Indonesia.”

Untuk lebih lanjut, yuk simak tuntas ProfCast episode 11 selengkapnya di kanal youtube Fakultas Teknik UI pada tautan berikut:  https://youtu.be/qyYuiiiABlI

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X