id
id

ProfCast FTUI Episode 8: Daur Ulang Aspal

ProfCast FTUI episode 8 menghadirkan tamu spesial. Pada episode kali ini menghadirkan Guru Besar dari Departemen Teknik Sipil FTUI, yaitu Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA. Dalam ProfCast ini Prof. Sigit membahas Daur Ulang Aspal, dalam lingkup area terkait perkerasan jalan, yang biasanya dilakukan dengan menggunakan dua material dari agregat dan aspal. Kedua komponen ini dapat didaur ulang dan menghemat penggunaan sumber daya alam.

Dalam pemaparannya, Prof. Sigit menjelaskan, “Ketika jalan sudah dipakai puluhan tahun, maka ada proses penuaan aspal. Kemudian aspal, batuan, dan agregat yang menua tadi diremajakan kembali. Proses peremajaan tersebut melalui investigasi dan penelitian. Selain itu, proses Daur Ulang ini akan melalui proses pemilahan terlebih dahulu untuk proses peremajaan tersebut. Sebenarnya proses Daur Ulang Aspal ini sudah ada di Indonesia sejak lama, tetapi mungkin kurang ditekuni. Padahal, Daur Ulang Aspal dapat menghemat Sumber Daya Alam.”

Penggunaan aspal biasanya menggunakan aspal jenis minyak. Dalam penggunaan aspal, Indonesia sebenarnya melakukan impor dari luar. Padahal sebenarnya Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki aspal, yaitu aspal batu. Jenis aspal ini terdapat di Pulau Buton, bernama Asbuton.

Selain, aspal minyak dan batu, ada juga aspal plastik. Aspal plastik merupakan aspal yang berasal dari komponen plastik, kemudian dimasukkan campuran aspal. Aspal ini digunakan sebagai langkah memanfaatkan limbah plastik, tetapi tentunya tidak akan membahayakan. Namun, aspal plastik ini masih perlu dilakukan penelitian.

“Berbicara mengenai jenis aspal yang digunakan di Indonesia, sebetulnya menjadi tantangan para ahli untuk sekarang ini. Sebab di Indonesia suhunya cukup tinggi sehingga permasalahan aspal kalau suhu tinggi akan meleleh dan teknologi yang dikembangkan pun harus menambahkan suhu dan tekanan karena perkerasan aspal,” ungkap Prof. Sigit.

Ditemui dikesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan, “ProfCast merupakan salah satu program FTUI untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat Indonesia terkait inovasi dan keahlian para Profesor dan dosen FTUI. Pada episode kali ini, diharapkan masyarakat dapat mendapatkan ilmu lebih terkait daur ulang aspal, tantangan teknologi aspal Indonesia dan berbagai inovasi yang telah dilakukan Prof. Sigit.”

Penelitian Prof. Sigit yang berfokus pada Daur Ulang Aspal ini merupakan komitmen untuk turut mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Ddevelopment Ggoals (SDGs), poin ke-12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab. Langkah ini juga dilakukan sebagai bentuk pengelolaan sumber daya alam secara efisien.

Yuk, simak tuntas ProfCast episode 8 selengkapnya di kanal youtube Fakultas Teknik UI pada tautan berikut: https://youtu.be/kS_v-XRT_jA

 

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X