Dhifan Kemal Akbar, mahasiswa FTUI dari program studi Teknik Mesin angkatan 2019 berhasil meraih Juara 1 Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Indonesia. Penghargaan Mahasiswa Berprestasi disampaikan pada acara Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2022, di Balai Sidang, Kampus UI Depok, pada Jumat (3/5). Kegiatan yang diadakan Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) UI ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok mahasiswa yang berprestasi mengharumkan nama UI dan Indonesia dalam berbagai bidang akademik, kompetensi penalaran, seni dan olahraga, serta pengabdian masyarakat sepanjang tahun 2021.

Dalam acara tersebut, diumumkan Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2022 Program Sarjana yang diraih oleh Dhifan Kemal Akbar dari Fakultas Teknik (Juara 1), Valerie Josephine Dirjayanto dari Fakultas Kedokteran (Juara 2), dan Tasya Salensia dari Fakultas Ekonomi (Juara 3). Sementara itu, Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2022 Program Vokasi berhasil dimenangkan oleh Barijani Mahesa Putra.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris; Sekretaris UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D.; Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. Badrul Munir, S.T., M.Eng.; Kasubdit Pengembangan Minat dan Bakat Direktorat Kemahasiswaan UI, Dr. Drs. AG. Sudibyo, M.Si.; Kasubbag Umum Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sugeng Riyadi, S.E., M.M.; serta Dekan, Direktur Sekolah, Direktur Program Pendidikan Vokasi, dan Manajer Kemahasiswaan.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan, salah satu tugas utama universitas adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani luhur yang mampu menerapkan, mengembangkan, memperkaya dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan kebudayaan. “Pada sore ini, kita melaksanakan kegiatan Malam Apresiasi Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia Tahun 2022. Mewakili UI, saya mengucapkan selamat bagi mahasiswa berprestasi yang terpilih serta para orang tua dan wali mahasiswa yang turut berbangga. Semoga prestasi yang diraih dapat memberikan manfaat dan memacu para mahasiswa UI lainnya untuk berprestasi lebih banyak dan lebih tinggi lagi di level nasional dan internasional.”

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah ST., M.Eng., IPU mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi Dhifan. “FTUI terakhir berhasil meraih Juara 1 Mahasiswa Beprestasi UI adalah pada tahun 1993. Setelah penantian panjang 29 tahun, akhirnya Dhifan berhasil kembali meraih prestasi membanggakan ini. Proses seleksi yang panjang berhasil Dhifan lalui. Mulai dari seleksi mapres tingkat departemen, tingkat fakultas dan terakhir di tingkat UI. Semoga kedepannya Dhifan dapat melanjutkan tradisi prestasi UI di ajang Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional.”

Pada Kategori Terbaik, mahasiswa yang berhasil mendapat penghargaan, yaitu Valerie Josephine Dirjayanto dari Fakultas Kedokteran (Karakter Terbaik), Zarifa Emily Putri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Capaian Unggulan Terbaik), Dhifan Kemal Akbar dari Fakultas Teknik (Makalah dan Presentasi Terbaik), Tasya Salensia dari Fakultas Ekonomi (Bahasa Inggris Terbaik), Valerie Josephine Dirjayanto dari Fakultas Kedokteran (Rumpun Ilmu Kesehatan Terbaik), Dhifan Kemal Akbar dari Fakultas Teknik (Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi Terbaik), serta Tasya Salensia dari Fakultas Ekonomi (Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora Terbaik).

Dalam rangkaian acara tersebut, diadakan pula penandatanganan perjanjian kerja sama antara UI dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek untuk ajang penganugerahan mahasiswa berprestasi tingkat nasional. Kerja sama ini sekaligus menandai terpilihnya UI selaku tuan rumah diadakannya ajang penghargaan tersebut. Dhifan Kemal Akbar sebagai pemenang Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2022 nantinya akan mewakili UI pada ajang nasional tersebut.

“Untuk memenangkan ajang ini, saya mengikuti banyak lomba, menggali hal-hal yang menjadi fokus saya, yaitu lingkungan, dan melakukan berbagai riset terkait permasalahan tersebut. Strategi kedepannya untuk kompetisi selanjutnya di ajang nasional, saya akan berkolaborasi dengan para finalis UI lainnya yang begitu luar biasa,” kata Dhifan dalam sesi wawancara.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X