Tim Autonomous Marine Vehicle Universitas Indonesia (AMV UI) berhasil meraih Juara 2 pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2022. Pada ajang kompetisi ini, Tim AMV UI bertanding pada kategori Performa dan Prototype kapal Autonomous Semi Submarine Drone. Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) 2022 merupakan salah satu agenda lomba inovasi teknologi desain, pembuatan prototype, dan performa prototype di bidang teknologi perkapalan dan maritim.

Kontes KCTBN merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Tahun ini KKCTBN diselenggarakan pada periode lomba September–November 2022 dan rangkaian lomba tahap akhir diadakan pada 11–15 November 2022.

Tim AMV UI  terdiri dari 18 orang, yaitu Abu Bakar Aakif Muhammad (Teknik Elektro 2020), Felix Yaman Kusuma (Teknik Elektro 2020), Gemilang Bagas Ramadhani (Teknik Komputer 2020), Glene Felix (Ilmu Aktuaria 2020), Mahardika Adhi Prabowo (Teknik Elektro 2020), Muhammad Gavin Dirgantara (Teknik Elektro 2020), Rizky Rivaldi (Teknik Elektro 2020), Valerie Olive Suryono (Teknik Elektro 2020), Virdian Harun Prayoga (Ilmu Komputer 2020), Althaf Nafi Anwar (Teknik Komputer 2021), Bhamakerti Mohammad Aydan (Teknik Mesin 2021), Hafizhuddin Rasyid (Teknik Elektro 2021), Muhammad Daffa Nafis Shafwan (Teknik Perkapalan 2021),  Rahmat Bryan Naufal (Ilmu Komputer 2021), Salman Hadi (Teknik Industri), Steffi Natalie Paliyama (Teknik Elektro 2021), Umar Maulana (Teknik Elektro 2021), dan Zaki Ananda (Teknik Komputer 2021).

Pada kontes KCTBN kali ini, tim AMV UI merancang robot dengan jenis autonomous underwater vehicle yang diberi nama Makara Perry. Penamaan ini terinspirasi dari warna body Makara Perry yang seperti Perry the Platypus. Makara Perry dirancang untuk dapat dioperasikan secara nirawak atau autonomous berkat desain yang mengintegrasikan beberapa komponen. Depth sensor berfungsi agar robot dapat mengetahui kedalaman dari kolam atau medannya, Computer vision yang merupakan kamera berjenis Razer Kiyo X berfungsi sebagai input gambar untuk AUV dengan resolusi dan frame rate yang tinggi sehingga AUV dapat melakukan image processing.

“Selain itu kami juga mengintegrasikan computing device jenis Nvidia Jetson Xavier NX, mini komputer dengan waktu proses yang cepat yang memungkinkan AUV Makara Perry melakukan tugas-tugas seperti image processing, object recognition dan data aggregation secara paralel. Konfigurasi thruster yang digunakan adalah empat thruster vertikal yang disusun sedemikian rupa untuk membantu ASSD melakukan heave and roll, sedangkan untuk bidang horizontal, ASSD menggunakan pendorong dan kemudi untuk melakukan gerakan surge dan yaw. Dengan demikian, drone dapat bermanuver pada lima derajat kebebasan,” ungkap Valerie.

Komponen-komponen tersebut ditempatkan pada 2 enclosure kedap air berbahan dasar akrilik. Enclosure Makara Perry didesain secara khusus untuk mengakomodasi komponen-komponen elektrik yang ada pada AUV rancangan tim AMV UI yang dikerjakan dengan bantuan dari para alumni, mentor, dan juga dosen pembimbing AMV UI, Dr. Eng. Muhammad Arif Budiyanto, S.T., M.T. dan Dr. Gerry Liston Putra, S.T., M.T. yang keduanya merupakan dosen Program Studi Teknik Perkapalan FTUI.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan apresiasi terhadap rancangan Makara Perry. “Rancangan robot dengan desain AUV ini menjadi bukti bahwa mahasiswa UI dapat menginovasikan inovasi teknologi desain, pembuatan prototype, dan performa prototype di bidang teknologi perkapalan dan maritim. Capaian yang telah diraih AMV UI di kancah Nasional ini pun membuktikan bahwa mahasiswa FTUI adalah mahasiswa yang Unggul dan Berdampak.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X