id
id

REI DKI dan Fakultas Teknik UI Jalin Kerja Sama Pendidikan Profesi dan Magister

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) resmi menggandeng Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) untuk kerja sama pendidikan. FTUI akan menyediakan kelas khusus REI untuk Program Profesi Insinyur dan Peminatan Real Estate pada Program Magister Multidisiplin Perancangan Wilayah Kota. Kolaborasi kedua instansi dan asosiasi ini ditandai lewat penandatanganan Surat Minat Kerja Sama.

Penandatanganan surat minat kerja sama tersebut dilakukan oleh Ketua DPD REI DKI Jakarta Arvin Fibrianto Iskandar dengan Dekan Fakultas Teknik UI Heri Hermansyah dalam Rapat Kerja Daerah (Rakernas) REI DKI Jakarta 2022 (9/9/2022). Ruang lingkup surat minat kerja sama ini mencakup kolaborasi jangka pendek dan jangka panjang.

Dekan Fakultas Teknik UI Prof. Dr. Heri Hermansyah mengatakan kerja sama tersebut dilakukan berdasarkan amanat Undang-Undang terkait profesi keteknikan yang harus memiliki sertifikasi profesi. “Pertama sesuai dengan amanat UU bahwa semua pekerjaan yang terkait dengan profesi insinyur keteknikan itu syaratnya punya sertifikasi profesi tersebut.  Ditempat kami saat ini sudah dibuka program profesi insinyur dan dengan REI kita bisa membuka program profesi untuk sejumlah calon insinyur dari REI.”

Sebelumnya, REI dan Fakultas Teknik UI telah menggelar kerja sama yaitu pelatihan bagi anggota REI dengan melibatkan akademisi, industri, dan pemerintah. Adapun ruang lingkup kerja sama kedepannya akan mencakup kolaborasi jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek yaitu mengadakan pelatihan bidang realestat yang bertujuan untuk pemahaman tentang bisnis realestat. Sementara untuk jangka panjang akan mengembangkan program pendidikan yakni membuka kelas program profesi insinyur khusus bagi anggota REI DKI Jakarta dan membuka kelas program studi magister perencanaan wilayah dan kota khusus bagi anggota REI DKI Jakarta.

Prof. Heri Hermansyah juga menjelaskan, saat ini Fakultas Teknik UI saat ini memiliki Program Magister Perencanaan Wikayah dan Kota yang dikembangkan berdasarkan peminatan terkait realestat. Hal tersebut juga membuka peluang untuk kerja sama dalam mengembangkan program ke jenjang degree lainnya. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi awalan untuk bekerja sama lebih lanjut. Dan semoga REI DKI Jakarta selalu menjadi institusi yang unggul dan berdampak,” ungkapnya.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X