id
id

Roadshow Magister PWK FTUI Ke Program Studi Sarjana Universitas Syiah Kuala, Aceh

Pada 16 Agustus 2022 yang lalu, Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PWK FTUI) melakukan kunjungan ke kota yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekah, Banda Aceh. Banda Aceh saat ini merupakan salah satu kota yang terus berbenah dengan berbagai program unggulannya. Pada kunjungan ini, Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PWK FTUI), Dr. -Ing Ova Candra Dewi, S.T, M.Sc., GP didampingi oleh Dr. Phil. Hendricus Andy S. S.T., M.M, selaku dosen PWK FTUI yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) melakukan roadshow ke Universitas Syiah Kuala, Aceh, yang terletak di provinsi paling Barat Indonesia.

Tujuan diselenggarakannya roadshow PWK FTUI ini adalah menginisiasi kegiatan kerjasama dalam dunia Pendidikan terutama terkait pengembangan wilayah perkotaan. Tujuan lainnya adalah mengenalkan Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota FTUI ke para mahasiswa Unsyah yang sedang berada di tingkat akhir. Selain itu, dalam kegiatan juga dijelaskan potensi lapangan pekerjaan serta profesi para lulusan Masgister PWK FTUI yang dipersiapkan menghadapi tantangan dan peluang perencana wilayah dan kota di era inovasi digital.

Tema roadshow ini, adalah “Urban Planning in Industry 4.0 – Tantangan dan Peluang Perencana Wilayah dan Kota di Era Inovasi Digital dan Profesi Perencana dalam Transformasi Dijital”.  Dr. -Ing Ova Candra Dewi, S.T, M.Sc. mengatakan, “Kami menyambut gagasan untuk membenahi perencanaan kota Banda Aceh, terutama dalam hal memunculkan karakter dari budaya Aceh. Program Magister PWK FTUI merancang program dimana lulusannya memiliki komptensi handal dalam bidang ilmu perencanaan, perancangan, dan keteknikan dan berfokus pada inovasi digital dan desain berbasis kota cerdas di tingkat Nasional dan Internasional.”

Ketua Prodi Universitas Syah Kuala Banda Aceh, Dr. Halis Agussani, MT., juga menyambut ajakan Kerjasama 2 institusi PWK ini. Pada kesempatan ini Dr. Phil. Hendricus Andy S. S.T., M.S. juga menambahkan bahwa para lulusan magister PWK dapat langsung memenuhi persyaratan untuk uji kompetensi perencana bersertifikat dr LSP PWK.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

 

 

 

X