Pandemi Covid-19 yang menyebar secara merata hampir di seluruh wilayah dunia, menjadi hantaman berat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, penyebaran kasus COVID-19 yang hampir merata di seluruh wilayahnya memaksa banyak sekali rumah sakit beserta aparaturnya untuk selalu bersiap siaga di garda terdepan. Bermodalkan rangkaian Alat Perlindungan Diri (APD), mereka siap memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi siapapun yang membutuhkan. Kebutuhan APD yang terus meningkat di berbagai fasilitas kesehatan di Indonesia menjadikan APD mengalami kelangkaan. Tragisnya kondisi ini sempat memaksa tenaga medis kita “berjuang” menghadapi pasien tanpa APD yang memadai.

Inisiatif Ruang Kita sebagai bentuk aksi sosial untuk membantu masyarakat dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 berawal dari gagasan para alumni Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang tergabung dalam Iluni Arsitektur UI untuk menggalang donasi APD bagi para pejuang tenaga medis Indonesia yang saat ini kesulitan mendapatkan APD di daerah-daerah di Indonesia, terutama mereka yang berada diluar pulau Jawa.

“Inisiatif ini digagas oleh para alumni Arsitektur FTUI angkatan tahun 1999, seperti Al Aida Dinasari (desainer yang mengubah rumah produksi kebayanya menjadi pusat produksi APD di masa pandemi ini), alumni lainnya yang memiliki usaha dibidang digital advertising dan masih banyak lagi” terang Ova Candra Dewi, dosen Departemen Arsitektur FTUI yang juga salah satu penggagas. Ruang Kita juga didukung penuh oleh Departmen Arsitektur FTUI.

Saat ini Ruang Kita bekerjasama dengan INHOTCH (Indonesia Hospital Watch), sebuah organisasi yang memantau dan mendata jumlah faskes yang membutuhkan bantuan APD di masa pandemi. Dalam hal ini Ruang Kita berfungsi menggalang bantuan bagi tenaga medis dan menyalurkan bantuan tersebut melalui INHOTCH sehingga tepat sasaran.

Ruang Kita membantu mengumpulkan kontribusi dan donasi bagi tenaga medis dalam bentuk: (1) Alat Pelindung Diri seperti baju hazmat, handscoon atau latex gloves, masker medis, face shield, ataupun juga pelindung rambut, (2) Bantuan dana untuk keperluan tenaga medis, serta (3) Informasi tentang rumah sakit yang membutuhkan.

“Belum genap seminggu Ruang Kita diluncurkan, saat ini Ruang Kita sudah mengirimkan 110 Set APD ke Manado,” lanjut Ova. “Kami ingin berterima kasih atas kepercayaan publik pada Ruang Kita. Seluruh donasi yang masuk dibelikan APD yang juga diproduksi oleh para alumni Arsitektur FTUI lintas angkatan. Diharapkan Ruang Kita dapat menjangkau kebutuhan APD bagi tenaga medis sampai ke pelosok Indonesia”.

Bantuan dana melalui Ruang Kita dapat ditransfer ke Rekening Mandiri 127000-6303-471 a/n ILUNI FTUI Arsitektur. Tiap akhir nominal donasi ditambahkan angka 19 (contoh: 1.000.019). Bukti transfer dapat dikirimkan ke Contact Person di 0812-1312-9009 (Dida A’99) atau 0812-9450-2532 (Andi A’97). Informasi perkembangan donasi dan penyalurannya dikomunikasikan lewat akun instagram: @ruangkita99.

Ruang Kita, Ruang kita Bersama, dan Bersama kita pasti bisa!

FacebookTwitter
X