id
id

Sambut 2479 Mahasiswa Baru, FTUI Selenggarakan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menggelar acara Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) pada Selasa (15/08). Bertempat di Balairung UI, PSAF program Sarjana dan program Pascasarjana kali ini digelar dalam satu rangkaian acara.

Rangkaian PSAF dimulai dengan menyajikan video selamat datang kepada para mahasiswa baru yang berhasil menjadi bagian dari civitas akademika FTUI melalui berbagai jalur seleksi. Dalam suasana penuh semangat, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, selaku Dekan FTUI, memberikan ucapan selamat serta sambutan hangat kepada seluruh mahasiswa baru FTUI.

Dalam sambutannya, Prof. Heri menyampaikan harapan optimisnya terhadap para mahasiswa baru program Sarjana dan Pascasarjana. “Mari kita bersama-sama membentuk perjalanan akademik yang tidak hanya penuh dengan pencapaian prestasi, tetapi juga sarat akan makna dan kontribusi unggul bagi diri kita, kampus, dan bangsa,” ujar Prof. Heri.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan video yang menggambarkan perjalanan mahasiswa sepanjang masa studi, mulai dari langkah awal hingga momen kelulusan. Prof. Heri turut memperkenalkan manajemen fakultas dan departemen FTUI periode 2022-2026, serta perwakilan dari Ikatan Alumni (ILUNI), Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Ikatan Mahasiswa Pascasarjana Teknik (IMPASTEK) FTUI.

Tak kalah menarik, sesi Talkshow PSAF menghadirkan 4 narasumber, yakni Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr .(Manajer Pendidikan), Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. (Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan), Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T. (Manajer Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), dan Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA (Kepala Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan). Dipandu oleh Nevine Rafa Kusuma, S.Ars., M.A., talkshow ini memaparkan berbagai aspek penting yang perlu diperhatikan mahasiswa selama menjalani pendidikan di FTUI.

Dr. Nyoman mengulas mengenai urgensi Isian Data Mahasiswa (IDM), dampak salah isi Isian Rencana Studi (IRS), serta tabel batas evaluasi studi. Selanjutnya, Prof. Harinaldi memberikan wawasan mengenai larangan tindakan plagiat dan mencontek serta kecurangan akademik lainnya. Sementara itu, Dr. Romadhani membahas pentingnya menjaga kesehatan mental dan larangan merokok di lingkungan kampus. Terakhir, Prof. Widodo menjelaskan kewajiban publikasi pada jenjang S2 dan S3 serta etika penelitian dalam pembuatan publikasi.

Pelaksanaan PSAF tahun 2023 disambut dengan antusias oleh para mahasiswa baru. FTUI dengan bangga menyambut 2479 mahasiswa baru yang terdiri dari 1663 mahasiswa program Sarjana, 643 mahasiswa program Magister, 131 mahasiswa program Profesi, dan 42 mahasiswa program Doktor untuk tahun ajaran 2023/2024. Acara ini menjadi momentum penting dalam mempersiapkan para mahasiswa baru untuk menghadapi tantangan akademik dan meraih kesuksesan di lingkungan akademik FTUI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X