id
id

Selami Kedalaman Ilmu Melalui Pameran Buku Hasil Karya Dosen FTUI

Fakultas Teknik Universitas Indonesia menyelenggarakan Pameran Buku Karya Dosen pada 7–9 Desember 2021 sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis yang ke-57. Buku merupakan salah satu bentuk karya dari guru besar dan dosen FTUI mendampingi artikel-artikel ilmiah, paten dan produk riset sebagai bagian dari pengalaman tridharma perguruan tinggi.

“Buku akademik menjadi bagian tidak terpisahkan dari dunia pengajaran di perguruan tinggi termasuk di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Buku memiliki tingkat keunikannya dalam hal kontribusinya terhadap masyarakat akademik. Dari buku masyarakat dapat masuk menyelami kedalaman ilmu dalam bentuk tulisan akan suatu topik tertentu hingga pembaca mendapatkan pengetahuan yang lebih,” ujar Dr. Hendri D.S. Budiono, S.T., M.Eng dalam kata sambutannya selaku dekan FTUI.

Pameran buku FTUI diselenggarakan selama tiga hari ini dapat dikunjungi secara hybrid yakni dengan datang langsung menghadiri pameran yang berlokasi di ruang co-working space lantai dua gedung terbaru FTUI, i-CELL, dan juga melalui virtual tour melalui laman website FTUI. Pengunjung dapat melihat 160 buku terbaru karya dari 50 guru besar dan dosen FTUI. Bahkan beberapa buku dapat diakses secara gratis versi elektroniknya.

Selain pameran buku, dalam rangkaian ini juga terselenggara gelar wicara atau talkshow yang terbagi menjadi tiga sesi utama yang diselenggarakan setiap harinya dengan menampilkan pembicara dari kalangan dosen FTUI (Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer, DEA dan Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc., Ph.D.), Senior Editor Penerbit Erlangga (Bapak Hilarius Wibi Hardani, S.T., M.M.) dan tokoh penulis sastra ternama di Indonesia (Habiburrahman El Shirazy, Lc., M.A.).

Kemeriahan acara Pameran Buku FTUI, di tengah adaptasi new normal dalam kondisi pandemi ini membawa tanda sekaligus pesan bahwa produktivitas dalam berkarya tidak boleh surut meski tantangan di depan mata tidak sedikit.

X