simulasi-kebakaran-1

simulasi-kebakaran-2

Sebagai komitmen pimpinan untuk melaksanakan K3 (Keselamatan & Kesehatan Kerja) di lingkungan UI yang bertujuan untuk menjamin keselamatan setiap tenaga kerja serta melindungi sumber-sumber produksi, sarana gedung dan fasilitas kegiatan agar dapat digunakan dengan aman, efisien dan lancer serta meningkatkan kesejahteraan seluruh civitas Universitas Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, maka pada 27 dan 28 Oktober 2014, Unit K3 Subdit PLK UI mengadakan kegiatan Simulasi Keadaan Darurat Kebakaran di Lingkungan Fakultas Teknik UI yang merupakan bagian dari agenda roadshow simulasi keadaaan darurat kebakaran di tiap-tiap fakultas yang ada di Universitas Indonesia.

Kegiatan diawali dengan Top Table Skenario Simulasi oleh Tim K3 Subdit PLK UI kepada para petugas keamanan dan tim fasilitas fakultas yang tergabung dalam Tim Tanggap Darurat dilanjutkan dengan Sosialisasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran serta Teknis Penggunaan APAR oleh Deni Andrias, S.Kom, MKKK dari Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta, bertempat di Gedung Engineering Center FTUI pada hari Senin, 27 Oktober 2014.

Kemudian pada Selasa, 28 Oktober 2014 pukul 11.30 WIB berlokasi di Gedung S (RKB II) Fakultas Teknik UI, skenario Simulasi Keadaaan Darurat Kebakaran pun dimulai. Ditandai dengan terdengarnya bunyi sirine kebakaran yang berasal dari dalam gedung akibat terjadinya kebakaran pada sebuah tumpukan barang mudah terbakar di selasar lantai 3 Gedung S, dengan sigap dan tanggap Pemandu Evakuasi (Floor Warden) Lantai 3 segera menghubungi Operator Keamanan guna melaporkan dan memohon bantuan Petugas Pemadam Kebakaran seraya sambil berusaha memadamkan api dengan menggunakan APAR yang tersedia, namun dikarenakan api tidak kunjung padam maka Pemandu Evakuasi Lantai 3 bersama Pemandu Evakuasi yang berada di tiap-tiap lantai gedung segera melaksanakan Prosedur Evakuasi Darurat terhadap seluruh penghuni gedung guna menyelamatkan diri keluar dari gedung menuju Titik Berkumpul Darurat (Assembly Point) dengan tenang dan tertib.

Ditengah-tengah proses evakuasi tersebut, tidak lama kemudian Tim Pemadam Kebakaran dibawah komando Koordinator Keamanan (Building Warden) tiba di lokasi kejadian dan berhasil memadamkan api serta mengamankan situasi disekitar lokasi terjadinya kebakaran.

Setelah situasi dinyatakan cukup aman, maka Manajer Umum FTUI yaitu Dr.Ir. Gandjar Kiswanto, M.Eng. selaku On Site Commander (Koordinator penanganan keadaan darurat di wilayah kerja FTUI) pun akhirnya menginformasikan kepada para penghuni gedung melalui pengeras suara bahwa keadaan darurat telah teratasi dengan baik sehingga para penghuni gedung dapat melaksanakan kembali aktifitas kerjanya di ruang masing-masing dengan aman.

Acara ditutup dengan review dan evaluasi kegiatan oleh Prof. Ir. Yulianto S Nugroho, M.Sc., Ph.D. dan Deni Andrias, S.Kom., MKKK bersama segenap tim dari Unit K3 Subdit PLK UI dan peserta yang terlibat dalam kegiatan simulasi tersebut sebagai bahan acuan dan perbaikan bagi peningkatan kualitas kegiatan serupa pada kesempatan berikutnya. (K3 FTUI)

FacebookTwitter
X