image2 image8 image13

Di akhir November 2014 hingga awal Desember 2014, beberapa pimpinan FTUI yang terdiri dari Prof. Dedi Priadi, DEA, Dekan FTUI;  Dr. Hendri DS Budiono, M.Eng, Wakil Dekan bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum; serta Prof. Heri Hermansyah, M.Eng, Manajer Kerjasama dan Ventura FTUI melakukan kunjungan kerja ke Jepang yaitu ke Osaka University, University of Tokyo dan Tohoku University untuk mempelajari bagaimana unit inkubator bisnis di 2 universitas terkemuka di Jepang tersebut.

Senin, 27 November 2014, melakukan kunjungan ke Osaka University. Pemilihan Osaka University dikarenakan kampus ini merupakan world-leading research dimana salah satu project yang dimiliki mampu meraih Nobel Prize, dimana project ini diharapkan akan menghasilkan penelitian baru serta inovasi terkini.

University-Industry Collaboration (UIC) Osaka University, merupakan unit yang bekerjasama untuk menciptakan inovasi melalui kerjasama industri dengan konsep “industry on campus” untuk membangun pusat industri yang menghasilkan di kampus.

Disambut oleh Manajemen dan 2 perusahaan yang berkolaborasi, delegasi FTUI mempelajari peran “Industry on Campus” dalam memperkuat pendidikan dan kemampuan penelitian dengan memperkenalkan pengetahuan terkait industri, serta memberi umpan balik kepada industri mengenai pengetahuan akademik yang ada.

Selain membahas inkubator bisnis, FTUI dan Osaka University juga melakukan diskusi terkait joint degree dan diskusi akademik lainnya dengan harapan antara kedua universitas dapat membangun kerjasama yang baik dan berkelanjutan.

Di hari ke-2, delegasi FTUI melakukan kunjungan ke University of Tokyo. Di kampus ini, delegasi mendapatkan informasi mengenai Division of University Corporate Relations (DUCR) yang memiliki visi untuk meningkatkan akses penelitian di University of Tokyo dalam rangka membangun kerjasama yang saling menguntungkan dan pro-aktif, guna memberikan dukungan kepada industri.

Sebagai jembatan penghubung antara industry dengan universitas, DUCR mendukung aktivitas departemen di University of Tokyo dalam kerjasama penelitian dengan perusahan swasta berupa management supports, pemberian jasa konsultasi, serta pemberian fasilitas inkubator.

Dari manajemen fakultas dan 2 industri terkait, delegasi FTUI memperoleh banyak informasi dan pengetahuan terkait dengan incubator bisnis yang dilaksanakan oleh DUCR University of Tokyo.

Kunjungan ke 3 yaitu ke Tohoku University dilaksanakan pada tanggal 1 Desember. Kunjungan FTUI ini diterima oleh Manajemen Universitas bersama dengan 3 perusahaan terkait.

Dengan tujuan mendorong inovasi dan penguatan industri infrastruktur yang berfungsi sebagai dasar bagi revitalisasi ekonomi dari daerah, dibutuhkan penguatan kerjasama antara industri dan universitas. Tohoku University akan mendukung perusahaan dan bekerja ke arah komersialisasi teknologi dalam kerangka metode kerjasama industri-pendidikan-pemerintahan.

Tohoku University memiliki Industry-University Collaboration Tohoku University dimana fokus utamanya adalah:

  1. Pengembangan riset dan penelitian
  2. Memfasilitasi penggunaan praktek penelitian dan komersialisasi hasil penelitian
  3. Penciptaan dan eksploitasi properti intelektual
  4. Pemberian dukungan untuk usaha baru dengan menggunakan hasil penelitian universitas

Tohoku University berkolaborasi dengan T-Biz (Business Incubator collaborated with Tohoku University), yaitu pusat inkubator bisnis yang memiliki beberapa Incubation Managers (IM) dalam mendukung bisnis dan menawarkan one-stop-service untuk jaringan peneliti dan pelaku bisnis. Selain itu Tohoku University juga memiliki Tohoku University Venture Partners yang berupaya menciptakan industry baru melalui inovasi dari peneliti Tohoku.

Dari kunjungan beberapa universitas ini, harapan ke depan adalah semoga FTUI dapat menjalin hubungan kerjasama yang berkelanjutan dengan universitas-universitas terkait, baik itu dalam hal pendidikan, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat. Selain itu juga FTUI dapat mengadaptasi kesuksesan yang diraih oleh universitas tersebut dan mempelajari kegagalan yang dialami agar

Setelah mengunjungi dan mempelajari proses incubator bisnis UIC, diharapkan Ventura FTUI mampu mengadaptasi pengelolaan Unit Usaha Akademik dalam berkolaborasi dengan industri terkait. (Bagian kerjasama FTUI)

FacebookTwitter
X