id
id

Studi Banding terkait Penjaminan Mutu Akademik dari Fakultas Teknik Universitas Udayana

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima kunjungan studi banding dari Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT UNUD) pada 14 Desember 2021. Pada kunjungan ini, FT UNUD diwakili oleh empat orang dosen yaitu, Dr. Wayan Nata Septiadi, ST., MT., Dr. A. A. Istri A. Sri Komaladewi, ST., MT., Ni Made Yudantini, ST., M.Sc., Ph.D., I Made Dwi Budiana Penindra, ST., M.MT.

Turut hadir menerima kunjungan, Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI, Prof. Dr. Ir. Muhamad. Asvial, M.Eng, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FTUI, Prof. Dr.-Ing. Nandy Putra, dan Ketua Unit Pengembangan dan Penjaminan Sistem Manajemen dan Penjaminan Mutu Akademik FTUI, Prof. Dr. Ir. Rahmat Nurcahyo, M.Eng.Sc.

“Kami dari FT UNUD ingin belajar lebih banyak terkait pengelolaan dan pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu. Kami memilih FTUI untuk belajar pengelolaan UPMA pada universitas yang telah menyandang status PTN BH. Seperti yang kita ketahui, penjaminan mutu adalah dasar dari proses akreditasi dan terkait dengan penelitian dan pengabdian,” kata Dr. Wayan Nata.

“Terkait akreditasi, tim UPMA FTUI mengumpulkan data yang diperlukan untuk akreditasi. Sebagian besar data-data ini kami rangkum dalam buku laporan tahunan yang secara rutin kami keluarkan. Selama empat tahun terakhir ada enam program studi baru yang dibuka di FTUI. Tim UPMA juga terus mendorong prodi-prodi yang ada untuk meningkatkan akreditasi. Alhamdulillah, saat ini semua program studi lama sudah terakreditasi A atau Unggul dari BAN PT,” ungkap Prof. Rahmat.

Prof. Asvial juga menambahkan bahwa UPMA FTUI berkoordinasi dengan BPMA (Badan Penjaminan Mutu Akademik) di tingkat universitas. “UPMA FTUI berisikan perwakilan dari departemen dan program studi. Setiap semester, program studi melakukan evaluasi internal untuk mengetahui performa tiap prodi yang pengisian hasilnya kemudian dilakukan secara online oleh UPMA. Selain itu juga sangat penting untuk melakukan pembaruan pada pangkalan data di DIKTI. Pembaruan ini dilakukan oleh Direktur Pendidikan di UI.”

Prof. Nandy Putra mengakhiri sesi presentasi dengan presentasi terkait pencapaian FTUI selama empat tahun terakhir. Seusai sesi presentasi dan tanya jawab, rombongan FT UNUD berkesempatan untuk mengunjungi gedung i-CELL FTUI untuk melihat pameran hasil karya riset dan buku hasil karya dosen FTUI dipandu oleh Prof. Nandy.

X