id
id

Teknik Biomedik Selenggarakan Pameran Produk Bidang Kesehatan Hasil Rancangan Mahasiswa

Dalam rangka penilaian akhir mata kuliah Desain Proyek Teknik Biomedik 2 pada semester Gasal 2022/2023, Program Studi Teknik Biomedik DTE-FTUI menggelar pameran dan presentasi hasil produk/alat mahasiswa pada Selasa, 20 Desember 2022. Mahasiswa angkatan 2019 yang mengikuti pameran terbagi menjadi sembilan kelompok. Kelompok tersebut adalah Vein Finder, Ultrasound CVC Needle Guide, Dentplaque, Baby Sock Pulse Oximeter, 3in1 Tilting Table, Scaburncab, Transosseous Tunneling Device, Stethos-Hear, dan ECG Vest.

Berbagai prototipe alat dengan variasi fungsi dan tujuan berbeda disuguhkan dalam lobi gedung K. Baby Sock Pulse Oximeter dibuat dengan tujuan memonitor detak jantung dan saturasi oksigen pada bayi yang dipasangkan pada kaos kaki dan telah diintegrasikan secara IoT. 3in1 Tilting Table, meja yang memiliki banyak fungsi untuk membantu pasien penyandang Cerebral Palsy (CP). Kemudian Dental Plaque Detector yang merupakan alat pendeteksi untuk membantu dokter gigi menunjukan bagian dalam mulut pasien dengan memvisualisasikan hasil citra intra oral gigi di layar monitor. Vein Finder Vein finder, perangkat yang digunakan untuk melihat vena pasien dengan menggunakan pantulan cahaya inframerah.

Scaburncap, inovasi yang hadir dalam tiga varian berbeda guna membantu penyembuhan luka bakar. Ultrasound CVC Needle Guide dibuat untuk mempermudah dokter dalam menangani prosedur pemasangan CVC sehingga target suntik akan lebih akurat. Transosseous Tunneling Device adalah alat yang dapat membantu operasi atroskopi rotator cuff pada penderita cedera robek tendon bahu. Stethos-Hear, amplifier stetoskop portable yang hadir dengan monitor sehingga dapat memvisualisasikan detak jantung secara langsung. ECG Vest untuk deteksi ECG dengan bentuk yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh serta lebih sederhana dan ringan.

Pameran Desain Proyek Teknik Biomedik 2 diampu oleh dua dosen teknik biomedik, yakni Basari, Ph.D. dan Siti Fauziyah Rahman, S.T., M.Eng., Ph.D. Hamas, mahasiswa teknik biomedik angkatan 2019 yang tergabung dalam kelompok Vein Finder menggambarkan kesan selama proses pembuatan prototipe alat kesehatan, “Mata kuliah Desain Proyek ini sebenarnya ada di dua semester, tapi di semester 7 ini kita baru mulai membuat prototipe produk. Dan karena ini pertama kalinya bikin proyek secara offline, jadi lebih seru dan berkesan.”

“Pameran Teknik Biomedik ini diadakan sebagai ajang bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan apa yang telah dipelajari pada semester sebelumnya menjadi suatu bentuk yang nyata. Melalui pameran ini, mahasiswa diharapkan akan lebih terpacu untuk dapat menciptakan alat kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas, “ujar Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Kegiatan pameran dan presentasi hasil produk mahasiswa DTE FTUI ini merupakan bentuk dukungan untuk kemajuan kesehatan yang berkelanjutan yang tertuang dalam cita-cita bersama berbagai negara di dunia, yaitu Suistanable Development Goals (SDGs). Utamanya mendukung poin ke-3, yaitu Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan karena berusaha dalam mewujudukan ide serta inovasi pengembangan alat-alat kesehatan.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X