id
id

Teknik Komputer UI Jalin Kerjasama dengan CompTIA

tekkom-ui-comptiaSeiring berjalannya waktu, sertifikasi profesional menjadi bagian yang tak terpisahkan dan sesuatu yang harus dimiliki oleh para lulusan perguruan tinggi untuk membuktikan keahlian yang dimiliki tak terkecuali di bidang teknologi komputer. Hal tersebut disebabkan oleh semakin ketatnya persaingan kesempatan bekerja dan berkarya, karena tidak hanya melibatkan lulusan perguruan dalam negeri, tapi juga dari negara lain. Di Asia Tenggara hal ini kemungkinan akan semakin terasa saat dimulainya Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2015.

Menjelang tahun ajaran 2014/2015, Program Studi Teknik Komputer Universitas Indonesia menjalin kerjasama dengan CompTIA. Menurut penuturan Jean Tang (CompTIA Country Manager for Indonesia, Malaysia, and Singapore), ini adalah kerjasama pertama antara CompTIA dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. CompTIA yang merupakan singkatan dari Computing Technology Industry Association adalah sebuah asosiasi perdagangan nirlaba, didirikan pada 1982 oleh Association of Better Computer Dealers, Inc. (ABCD). CompTIA mengeluarkan berbagai sertifikasi profesional di bidang teknologi informasi seperti Comptia A+, Comptia Network+, dan lain sebagainya. Sertifikasi CompTIA diakui oleh banyak perusahaan. Pada beberapa negara di ASEAN, sertifikasi CompTIA sudah mulai digunakan sebagai standar untuk menentukan kemampuan para fresh graduate dalam memasuki dunia kerja.

Mengawali kerjasama ini, Program Studi Teknik Komputer Universitas Indonesia bekerjasama dengan CompTIA Asia Pacific Training, pada tanggal 25-29 Agustus 2014 mengadakan Training CompTIA dengan menghadirkan Mr. Charles Singh (CompTIA Thailand) yang dikhususkan untuk para staf pengajar dan asisten laboratorium terkait di Prodi Teknik Komputer UI. Adapun materi yang dibahas merupakan pengenalan dan persiapan ujian sertifikasi profesional di bidang IT dari CompTIA yang terdiri dari:

  • CompTIA A+

Merupakan pelatihan untuk persiapan sertifkasi A+ dari CompTIA yang mendemonstrasikan kompetensi dasar komputer yang terdiri dari pc hardware dan software.

  • CompTIA Security+

Merupakan pelatihan untuk persiapan sertifikasi Security+ dari CompTIA yang membahas mengenai dasar-dasar keamanan komputer seperti konsep keamanan secara umum, keamanan komunikasi, keamanan infrastruktur, dasar kriptograpi, dan keamanan organisasional serta operasional.

  • CompTIA Certified Technical Trainer (CTT+)

Merupakan pelatihan untuk persiapan sertifikasi sebagai IT Trainer dari CompTIA.

Selanjutnya sebagai tahap awal implementasi kerjasama ini, Program Studi Teknik Komputer Universitas Indonesia akan mengintegrasikan 2 (dua) course certification CompTIA pada 2 (dua) matakuliah, yang akan dijalankan mulai Semester Ganjil tahun ajaran 2014/2015, yaitu:

  • CompTIA A+ Certification (Fundamental IT) —> untuk Matakuliah Pengantar Teknik Komputer
  • CompTA Security+ Certification (Network Security) —> untuk Matakuliah Keamanan Jaringan

Hal ini diharapkan dapat melengkapi kerjasama yang telah ada sebelumnya yakni dengan Cisco Networking Academy dengan integrasi program IT Essentials, CCNA Routing & Switching dan CCNA Security pada berbagai matakuliah. Dengan demikian diharapkan tingkat kompetensi lulusan prodi Teknik Komputer UI bisa lebih baik dan siap untuk memasuki pasar global, terutama yang terdekat adalah kompetisi pasar terbuka ASEAN yang sudah di depan mata. (DTE FTUI)

X