id
id

Terbanyak di UI, 34 Mahasiswa FTUI Lolos IISMA 2022

Sebanyak 34 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berhasil lolos seleksi program beasiswa Indonesian International Mobility Awards (IISMA) tahun 2022. 34 mahasiswa FTUI ini merupakan bagian dari 195 mahasiswa UI yang berhasil lolos. Tahun ini, UI menjadi perguruan tinggi di Indonesia yang paling banyak mengirim mahasiswanya untuk melanjutkan studi selama satu semester pada universitas ternama di Amerika, Asia, Australia dan Eropa.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan rasa bangganya kepada pencapaian mahasiswa FTUI. “34 mahasiswa FTUI yang berhasil lolos IISMA 2022 merupakan jumlah terbanyak di Universitas Indonesia. Para mahasiswa FTUI menunjukkan prestasi yang luar biasa dan berhasil meraih program beasiswa ke berbagai universitas bergengsi dari seluruh dunia, antara lain University of British Coumbia, Nanyang Technological University, The University of Pennsylvania, The University of Edinburgh, Korea University dan masih banyak lagi.”

IISMA merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. IISMA adalah salah satu program unggulan dari 12 program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) hasil kerja sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengambil mata kuliah hingga 20 SKS di perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Program ini memungkinkan mahasiswa program sarjana semester empat sampai enam di perguruan tinggi di lingkungan Ditjen Dikti Kemendikbudristek yang memenuhi syarat untuk mengambil tiga hingga empat mata kuliah di luar program studi mereka di 10 universitas teratas di negara tuan rumah atau perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Program IISMA 2022 bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek. Melalui program IISMA mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan multidisiplin berdasarkan minat masing-masing melalui mata kuliah untuk pengembangan diri dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Tak hanya itu, program IISMA memberikan kesempatan bagi mahasiswa meningkatkan pemahaman lintas budaya, meningkatkan jejaring di tingkat internasional, dan memberi pengalaman bagi mahasiswa untuk mendapatkan karir masa depan.

Program IISMA membekali mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk dunia kerja masa depan yaitu, sense-making, social intelligence, novel & adaptif thinking, cross-cultural competence, komputasional thinking, new-media literacy, transdisciplinarity, design mindset, manajemen beban kognitif, dan kolaborasi virtual. Setiap peserta akan mendapatkan tuition fee, biaya hidup, asuransi kesehatan, biaya pembuatan visa dan tiket pesawat, serta biaya tes COVID-19 (PCR) dan karantina.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X