id
id

The 17th International Conference on Quality in Research (QiR) 2021

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menyelenggarakan konferensi internasional dua tahunan International Conference on Quality in Research (QiR) pada Rabu-Jumat, 13-15 Oktober 2021 yang lalu. Pada penyelenggaraannya yang ke 17 ini, QiR 2021 mengangkat tema Resilience and Adaptability for a Post-Pandemic World: Exploring Technology for Our Green Environment. Tahun ini QiR diselenggarakan bersamaan dengan the 6th international Tropical Renewable Energy Conference (iTREC 2021) and the 2nd CSID AUN-SCUD International Conference on Sustainable Infrastructure and Urban Development (CAIC-SIUD).

Sebagai salah satu konferensi bidang teknik terbesar di Indonesia, tahun ini QiR 2021 kembali menjadi wadah pertukaran pengetahuan, ide, dan praktik terbaik di antara komunitas teknik dunia. Selama tiga hari pelaksanaan QiR 2021, berbagai pakar di level nasional dan internasional telah berbagi ide, wawasan, dan penelitian mereka dengan lebih dari 300 makalah dipresentasikan. Dikarenakan masih ketatnya pembatasan perjalanan di Indonesia, QiR 2021 untuk pertama kalinya diselenggarakan secara daring menggunakan Zoom Meeting.

Acara dibuka dengan laporan dari Ketua Panitia QiR 2021, Andyka Kusuma, ST., M.Sc., Ph.D., sambutan dari Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. dan dibuka oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.

Pada keynote session, QiR 2021 menampilkan tiga pembicara utama yaitu, Prof. Kuwat Triyana, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Gadjah Mada dengan topik presentasi, “Development of Sensor Array-Based Electronic Nose: Exhaled Breath Analysis”, Dr. Basari dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan topik presentasi, “Ventilator UI: Innovation on Local Product for Medical Devices Resilience in Indonesia”, dan Assoc. Prof. Lydia Wong dari Clean Energy Research, Nanyang Technology University, Singapore dengan topik presentasi, “Advanced Materials for Next Generation Solar Harvesting Devices.”

Selain ketiga keynote speaker, QiR 2021 juga mengundang 16 Invited Speaker yang mengisi sesi Invited Speaker Session untuk delapan symposia yang tersedia:

International Symposium on Infrastructure, Transportation and Environmental (IS – ITE):
Prof. Widjojo A. Prakoso, PhD, Geng (Universitas Indonesia)
Assoc. Professor Carmine Galasso (University College London, UK).

International Symposium on Advances in Mechanical Engineering (IS – AME):
Associate Professor Muhammad Aziz (The University of Tokyo, Japan)
Professor Ario Sunar Baskoro (Universitas Indonesia).

International Symposium on Chemical, Health and Biological Engineering (IS – CHBE):
Prof. Moonyong Lee (Yeungnam University, South Korea)
Dr. Mohd. Shariq Khan (Dhofar University, Oman)

International Symposium on Architecture, Interior Design, Sustainable Building, City, and Community (IS-AISCC):
Dr. Holly Samuelsson (Harvard University, USA)
Prof.dr.ir. A.A.J.F. van den Dobbelsteen (Technische Universiteit Delft, Netherlands)

International Symposium on Electrical and Computer Engineering (IS – ECE):
Prof. Ray-Guang Cheng (National Taiwan University Of Science and Technology, Taiwan)
Prof. Wei Hong (Outheast University, Nanjing, China)

International Symposium on Metallurgical and Materials Engineering (IS – MME):
Dr. Jacques Lacaze (Centre National De La Recherche Scientifique (CNRS), France)

International Symposiun on Industrial Engineering (IS – IE):
Prof. Dr. Peter Vink (Technische Universiteit Delft, Netherlands)
Prof. Benny Tjahjono (Coventry University, UK)

AUN-SCUD
Dr. Amy Kim (University of Washington)
Prof. Dr. Pekka Leviäkangas (University of Oulu)
Dr. Svetlana Gutman & Dr. Rytova Elena (Saint-Petersburg State Polytechnic University)

Selain itu, QiR 2021 juga menampilkan sesi Workshop on Engineering Education host by Centre for Engineering Education (CEE) FTUI yang menampilkan pembicara: Prof. Ming-Jyh Chern dari National University of Science and Technology dengan topik presentasi How Engineering Education Deal with Industrial Revolution 4.0 at Post Pandemic Era: Taiwan Tech’s Perspective and Strategy, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dan Ketua Forum Dekan Fakultas Teknik se-Indonesia) dengan topik presentasi: Towards Quality Self-Directed/Independent Learning in Engineering Education: The MBKM in Practice dan Prof. Ir. Widjojo A. Prakoso, M.Sc., Ph.D., G.Eng. (Fakultas Teknik Universitas Indonesia) dengan topik presentasi: Improving the International Recognition of Engineering Education in Indonesia for the Benefit of National Interests.

Sebanyak 300 makalah dari 13 negara diseluruh dunia dipresentasikan pada kelas parallel dari delapan symposia selama dua hari terakhir konferensi. Makalah-makalah terpilih dari konferensi ini dipublikasikan pada AIP Conference Proceedings dengan makalah-makalah terpilih akan dipublikasikan pada The International Journal of Technology (IJTech), The Evergreen Journal, and IEEE Xplore. Terima kasih sebesar-besarnya bagi para peneliti yang telah secara konsisten berkontribusi mengirimkan makalah di QiR. Semoga kita dapat bertemu kembali di acara QiR ke 18 tahun 2023 secara offline. Nantikan informasi selanjutnya terkait QiR 2023.

X