Alkalina

Selamat kepada tim Alkalina UI yang meraih Juara 3 Lomba Beton Trisakti 2015. Tim Alkalina mengolah sampah yang kita jumpai sehari-harinya untuk bisa dimanfaatkan kembali menjadi bahan material beton. Tim Alkalina UI terdiri dari Muhammad Haikal Syarief S’12, Baiti Rahma Maudina S’12 dan Annisa Salsabila S’12. Dengan menggunakan botol kaca yang dihancurkan dan dimanfaatkan kembali sebagai pengganti semen serta limbah beton bekas tak terpakai yang dipakai kembali sebagai agregat kasar, mereka dapat membuat beton daur ulang.

Hasil uji tekan dari beton daur ulang tersebut juga tidak mengecewakan, yaitu mencapai 54 Mpa, yakni dapat dikategorikan sebagai beton bermutu tinggi. Selain itu pula, pembuatan beton daur ulang bernilai ekonomis karena menghemat biaya sebesar 16% dibandingkan dengan pembuatan beton dengan material biasa.

Dengan bekal tersebut, Haikal, Annisa dan Maudina, yang menyebut diri sebagai TIM ALKALINA UI berhasil meraih Juara III dalam perlombaan “Lomba Karya Ilmiah Beton C.E.T.A. Trisakti 2015” yang diselenggarakan pada tanggal 20 Maret 2015 hingga 6 April 2015 di Universitas Trisakti, Jakarta Barat. Kegiatan perlombaan tersebut antara lain presentasi makalah dan video untuk penilaian karya tulis serta pengecoran langsung untuk penilaian proses mix design. Tim Alkalina UI berhasil mengalahkan belasan tim lain yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta lainnya. (KMAV FTUI)

FacebookTwitter
X