Pada hari Selasa, 4 Oktober 2022, Fakultas Teknik UI melaksanakan pembukaan rangkaian perlaksanaan audit internal ISO 9001:2015. Rangkaian audit akan dilaksanakan pada pekan pertama bulan Oktober. Adapun tujuan dari audit internal ini adalah untuk memastikan sistem manajemen mutu FTUI sesuai dengan persyaratan standar ISO 9001:2015. Selain itu, audit internal juga bertujuan untuk memastikan sistem manajemen mutu dapat diterapkan dan diperlihara dengan efektif, serta sebagai masukan bagi peningkatan berkelanjutan penerapan sistem manajemen mutu di FTUI.

“Audit internal ini dilakukan agar nantinya kekurangan yang diketahui dapat diperbaiki terlebih dahulu. Sehingga ketika audit eksternal berjalan kita sudah siap dan tidak tergesa-gesa. Kami berharap proses ini dapat mengembangkan pelaksanaan manajemen di Fakultas Teknik UI terkhusus dalam cakupan ISO 9001:2015,” ujar Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc. selaku Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik.

Dalam pembukaan acara, juga disampaikan beberapa hal yang harus dilaksanakan dan diperhatikan auditor dalam pembuatan laporan hasil audit internal. Pertama, auditor harus melaporkan apabila telah atau akan ada peluang terjadi ketidaksesuaian pemenuhan salah satu/keseluruhan persyaratan (Standar, POB, dan Regulasi).  Kemudian auditor menggunakan Form Permintaan Tindakan Perbaikan (PTP) dalam melaporkan ketidaksesuaian. Form PTP beserta laporan ketidaksesuaian audit internal lalu diserahkan kepada UPMA paling lambat pada tanggal 6 Oktober 2022.

Setelah audit internal selesai dilaksanakan, pada tanggal 10-14 Oktober 2022, rangkaian dilanjutkan dengan perbaikan temuan audit, rapat tinjauan manajemen, dan audit eksternal stage I. Diharapkan audit internal akan sepenuhnya terlaksana dengan baik guna meningkatkan kualitas manajemen dalam menciptakan FTUI yang Unggul Berdampak.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X