id
id

UI-BSSN-PT Hikari Solusindo Sukses Ciptakan Secure HT-Box guna Lindungi Data Strategis Negara

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat sehingga pentingnya di tompang dengan keamanan siber (Cyber Security). Berdasarkan data security index dan NCSI Indonesia saat ini berada di posisi 83 dari 160 negara perihal cyber security. Berita perihal kebocoran data sering kita temui di media massa sehingga dapat menimbulkan dampak yang negatif yaitu kepercayaan masyarakat terhadap keamanan dan perlindungan data semakin menurun.

Dengan ini tim peneliti Universitas Indonesia (UI) yang diketuai oleh Prof.Dr-ing.Kalamullah Ramli, M.Eng., berinovasi membuat Secure HT-Box. Dirancang untuk mengamankan data/informasi strategis bangsa Indonesia. Inovasi tersebut terwujud berkat dukungan bantuan hibah dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), lisensi bersama dengan PT Hikari Solusindo Sukses, dan bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). PT Prasimax dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga turut berkontribusi mengembangkan inovasi tersebut dalam hal pemasaran dan peningkatan kualitas suara.

Menanggapi hasil penelitian ini, Prof. Dr. Heri Hermansyah. ST., M.Eng., Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengungkapkan,“Kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah mewujudkan apa yang sudah dicapai selama ini oleh Prof. Kalamullah Ramli, dan lebih jauh lagi menunjukan bahwa insan-insan yang berada di Fakultas Teknik unggul dan berdampak, sehingga kedepannya Fakultas Teknik semakin menebar kebermanfaatan untuk bangsa Indonesia”

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp.OF(K), menilai bahwa Secure HT-Box memberikan dampak positif dalam keamanan data dalam negeri. “Selama ini, produk bersandi yang digunakan oleh penyelenggara negara, merupakan produk luar yang rentan terhadap eksploitasi pihak asing. Dengan adanya produk dalam negeri dengan minimal TKDN yang tercapai, kebutuhan negara akan ketersediaan alat komunikasi yang aman dapat terpenuhi, dengan sistem pengamanan data dan informasi yang diproteksi oleh kode keamanan yang handal dan anti-tembus,” ujarnya.

Secure HT-Box bekerja sebagai plug-in devices, yang mana komponennya terdiri dari handy talkie, hands-free headset, dan voice encryption-decryption module. Suara yang dikeluarkan oleh pengirim akan dienkripsikan oleh voice encryption-decryption module, lalu ditransmisikan oleh handy talkie. Kemudian, suara tersebut ditangkap oleh handy talkie penerima agar didekripsikan kembali oleh voice encryption-decryption module, sehingga bisa didengar dengan jelas oleh penerima.

Direktur Riset LPDP, Wisnu Sardjono Soenarso, dalam sambutannya mengatakan “Kami dari LPDP akan terus mendorong para periset untuk membangun sistem inovasi dalam konteks ABG yaitu Akademisi (Academician), Pelaku Bisnis (Business), dan Pemerintah (Government), sehingga kami dari pihak LPDP sangat senang Prof.Dr-ing.Kalamullah Ramli, M.Eng., telah melakukan riset dan inovasi dalam bidang komunikasi yang telah memenuhi ketiga konteks tersebut.  Pihaknya berharap kepada seluruh komponen yang mendukung di dalam riset ini untuk bersama-sama berkomitmen dalam hilirisasi produk yang dihasilkan oleh tim peneliti UI.”

Plt. Sekretaris Utama, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Y.B. Susilo Wibowo, S.E, M.M. menanggapai positif hasil penelitian ini. Menurutnya, “kesukses kegiatan riset bersama ini merupakan bukti kolaborasi yang baik dan solid antar sektor dengan tujuan untuk menjaga informasi di Indonesia dimana hasil dari kolaborasi tersebut dapat diharapkan segera dirasakan manfaatnya.”

Sementara Project Manager PT. Hikari Solusindo Sukses, Esha Ganesha SBW, mengatakan, “Hikari berkomitmen untuk menjadi mitra strategis perguruan tinggi dalam melakukan hilirisasi produk-produk hasil riset inovasi terutama Secure HT Box untuk dimanfaatkan secara luas. Dan harapan kami semoga produk ini bisa menjadi kebanggaan Indonesia dan dapat bermanfaat untuk bangsa Indonesia.”

Universitas Indonesia dan PT Hikari Solusindo Sukses resmi menjalin kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama lisensi produk invensi secure HT-Box pada hari ini, (28/10). Kerja sama ini menyangkut tentang hilirisasi alat komunikasi aman untuk kepentingan strategis melalui Secure HT-Box.

Adapun anggota peneliti: Dr. Muhammad Salman, M.IT., Dr. Suryadi (F-MIPA UI), Dr. Yohan Suryanto, M.T., Dr. Maghfirawaty, M.Si. (Poli SSN), Dr. Nur Hayati (UMY), Diyanatul Husna, M.T. bertugas pengembangan protokol, algoritma enskripsi, perancang sistem, rekomendasi kebijakan. PT. Hikari dan PT. Prasimax bertugas realisasi pada hardware, produk dan pemasaran, Tim Badan Siber dan Sandi Negara bertugas dalam pengujian, BRIN; Dr. Hilman Pardede bertugas pada voice synthetizes.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X