id
id

UI dan Japan International Organization Agency (JICA) Menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Cybersecurity

Pada (24–28/10/22) lalu, Universitas Indonesia (Ul) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) telah menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Cybersecurity di Bali. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama UI dan JICA dalam proyek Pengembangan Sumber Daya Manusia, yang mana kerja sama UI dan JICA telah dilakukan sejak Mei 2019 lalu.

Workshop ini diikuti oleh para staf atau dosen di bidang IT, dari berbagai negara di ASEAN, Mongolia, dan Timor Leste. Adapun para pembicara pada workshop kali ini, yaitu Dosen Teknik Elektro FTUI, Konsultan JICA, dan perwakilan dari EC-Council dan CompTIA.

Dekan Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., memberikan sambutannya dalam penyelenggaraan workshop ini. “Proyek Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk keamanan siber profesional diselenggarakan untuk menghasilkan sumber daya profesional di bidang keamanan siber. Dengan adanya workshop ini, diharapkan kurikulum Cyber Security yang telah dirancang oleh Fakultas Teknik UI dapat dibagikan kepada para peserta,” kata Prof. Heri.

Kegiatan workshop yang dilaksanakan selama 5 hari (24–28/10) diisi dengan topik yang berbeda setiap harinya. Hari 1: memahami kerangka kerja SecBoK/NICE dan pengenalan kurikulum Cybersecurity di UI sesi 1. Hari 2: definisi kurikulum menggunakan SecBoK sesi 1 Hari 3: pengenalan kurikulum Cybersecurity di UI sesi 2. Hari 4: definisi kurikulum menggunakan SecBoK sesi 2. Hari 5: metode revisi kurikulum.

Dengan adanya kegiatan workshop ini, yaitu melalui materi yang diberikan soal Cybersecurity, diharapkan dapat menjadi wadah FTUI dan UI untuk memberikan kontribusi serta dampak besar guna mendukung Pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X