id
id

UI dan UiTM Menyelenggarakan MANTAP 2020

Universitas Indonesia menjadi bagian dari the 2020 Virtual Conference on Trends in Mechanical Engineering Analysis, Tools and Applications (MANTAP 2020). Konferensi ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Mesin (FKM), Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia, Shah Alam bekerja sama dengan Smart Manufacturing Research Institute, dan diselenggarakan pada 2-3 Desember 2020.

Konferensi internasional tersebut diselenggarakan atas kerja sama dengan Universitas Indonesia, Indonesia, Trinity College of Engineering (TCE), Trivandrum, India, dan Shibaura Institute of Technology (SIT), Jepang. Acara virtual yang diselenggarakan menggunakan Cisco Webex®, dimaksudkan untuk mempromosikan kemajuan teknik mesin khususnya dalam aspek analisis, alat, dan aplikasi.

21 makalah penelitian dari tujuh bidang penelitian termasuk Teknik Industri dan IR4.0, Pemodelan dan Analisis Komputasi, Teknik Biomedis, Ilmu dan Teknik Material, Teknologi Manufaktur, Termofluida serta Energi dan Lingkungan Berkelanjutan dipresentasikan dalam konferensi virtual dua hari ini.

Assoc. Prof.Dr Sugeng Supriadi dari Universitas Indonesia menyampaikan keynote address bertajuk “Realisasi Biomaterial untuk Alat Kesehatan” bidang Teknik Biomedik pada hari pertama konferensi. Hari kedua konferensi diisi oleh keynote address dan sesi pleno masing-masing oleh Prof.Dr Akihiko Hanafusa (SIT, Jepang) dan Dr Arun Surendran (TCE, Trivandrum, India).

Prof.Dr Hanafusa menyampaikan keynote bertajuk “Research on Life Support Engineering”. Dr Arun mempresentasikan pidato di bidang Pendidikan Teknik bertajuk “Kemungkinan dan Potensi Pendidikan Online di Bidang Teknik”. Beberapa dosen FKM bekerjasama dengan Prof.Dr Hanafusa dalam melakukan penelitian di bidang Medical System Engineering di SIT, Jepang.

Dr. Arun menyampaikan artikel ulasan 25 halaman terbarunya dengan tajuk “Pendidikan Online: Belajar Di Mana Saja, Kapan Saja!” kepada hadirin, yang terdiri dari para dosen universitas yang terus berusaha meningkatkan penyampaian kelas online.

Konferensi ini dihadiri oleh 90 peserta yang terdiri dari peneliti, dosen dan mahasiswa dari universitas dalam dan luar negeri. Partisipasi mahasiswa meliputi sekitar 24 mahasiswa S1 dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan sekitar 18 mahasiswa pasca sarjana dari FKM, UiTM Shah Alam. Seluruh 21 makalah konferensi telah diserahkan ke berbagai jurnal terindeks Scopus untuk ditinjau dan dipublikasikan.

X