id
id

UI Kembali Gelar UI International Education Expo 2022

Universitas Indonesia (UI) mengadakan pameran pendidikan untuk program Kelas Internasional yang bertajuk “UI International Education Expo 2022” di Balai Purnomo Prawiro UI pada Sabtu, 26 November 2022. Acara ini baru dapat kembali diadakan secara luring di tahun 2022 setelah 2 tahun ditiadakan karena pandemi. UI International Education Expo diadakan dengan tujuan memberikan informasi seputar program kelas internasional di lingkungan UI. Peserta yang hadir dalam pameran berasal dari kalangan siswa, guru, maupun orangtua siswa. Antusiasme peserta pada pameran sangat tinggi, terlihat dari jumlah kehadiran yang tembus lebih dari 4000 peserta. Peserta Sekolah Menengah Atas (SMA) terjauh datang dari Surabaya, Cirebon, dan Bandung.

Sekretaris Universitas Indonesia, Dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan agar para calon mahasiswa baru UI dapat mencari informasi seputar program kelas internasional yang diselenggarakan oleh UI maupun perguruan tinggi mitra di luar negeri. “Pembatasan selama pandemi memberikan kesadaran pada kita bahwa situasi itu harus diatasi dengan melakukan upaya-upaya yang komprehensif dan terintegrasi tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah. Istilahnya adalah borderless solution. Borderless solution ini tentu saja menuntut kerja sama yang juga borderless, baik itu kerja sama dalam konteks multidisiplin maupun di sektor lain dan lintas negara,” ujar dr. Agustin.

Tersedia delapan stan dari fakultas-fakultas di UI yang memiliki program kelas internasional untuk para peserta dapat bertanya langsung ke fakultas yang ingin dituju. Delapan fakultas yang berpartisipasi adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Psikologi (F.Psi), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan Fakultas Teknik (FT). Selanjutnya, turut tersedia stan dari bagian penerimaan UI dan tujuh stan universitas mancanegara. Adapun Universitas Mancanegara yang hadir antara lain Oregon state University, Swiss education group, Asia Pacific University, University of Adelaide (partner), University of Canberra (partner), Newcastle university (partner), dan Coventry University (partner).

Selain terdapatnya stan sebagai media informasi, peserta juga dapat menyimak presentasi dari perwakilan delapan fakultas di UI. Infomasi mengenai program kelas internasional di Fakultas Teknik UI dipaparkan oleh Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D., DIC selaku sekretaris international office FTUI. “Untuk sekarang universitas mitra Double Degree baru tersedia dengan Australia dan Jerman. Namun kedepannya kami akan terus mengupayakan untuk menjalin kerjasama baru dengan mitra-mitra di negara lainnya. Sehingga dua hingga tiga tahun kedepan FTUI dapat menyediakan pilihan universitas yang lebih banyak untuk mahasiswa-mahasiswa kelas internasional,” ujar Fadhillah.

Pada kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU mengungkapkan, “Dengan adanya program kelas internasional UI, diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa UI untuk memperoleh pengalaman belajar di perguruan tinggi seluruh dunia. Sehingga nantinya akan tercipta lulusan UI yang unggul dan berpikiran global yang dapat berkontribusi aktif dalam memecahkan permasalahan global, khususnya di Indonesia.”

Sejauh ini, program internasional UI memiliki dua jalur penerimaan, yakni melalui Talent Scouting dan SIMAK UI. Jalur Talent Scouting merupakan jalur seleksi berdasarkan nilai akademik rapor siswa yang melibatkan peran sekolah. Sementara SIMAK UI merupakan jalur seleksi berdasarkan tes tertulis. Pada tahun 2023, pembukaan program KKI jalur Talent Scouting akan dilaksanakan pada bulan Februari–Maret sedang jalur SIMAK UI akan dilaksanakan pada bulan Mei – Juni. Informasi mengenai pendaftaran ini dapat diakses melalui www.simak.ui.ac.id dan laman registrasi di www.penerimaan.ui.ac.id.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X