Tiga belas mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI Motosport meraih posisi Kelima pada Kejuaran GoKart tingkat nasional, Eshark ROK Cup 2021. Ajang ini diselenggarakan oleh ROK by Vortex dari Italia dan bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).  Kejuaran GoKart ini digelar pada 10-11 April 2021 di Sentul International Karting Circuit.

UI Motosport menurunkan tiga belas awak yang terdiri dari satu pembalap GoKart, satu kepala divisi, satu technical director, dan sepuluh orang lainnya di bagian teknis dan non-teknis. Mereka adalah Danis Erham Hendromurti (Teknik Metalurgi dan Material 2018), Raditya Danendra Juzar (Teknik Mesin 2018), Rafid Fawwaz (Teknik Mesin 2018), Mohammad Haidar (Teknik Mesin 2019), Gavin Arisatyawan (Teknik Mesin 2019), Jeremie Larry (Teknik Industri 2019), Muhammad Rafli Khansa (Teknik Mesin 2019), Muhammad Ariqul Hakim (Teknik Industri 2019), Muhammad Dhia Andriyanto (Teknik Mesin 2020), Jati Anantya Pratikto (Teknik Metalurgi dan Material 2020), Rayandra Putra Andrianto (Teknik Industri 2020), Bagas Tegar Bhadravyata (Teknik Mesin 2020), dan Fauzan Naufal Jassin (Teknik Mesin 2020).

Eshark ROK Cup 2021 membuka dua tipe kelas kejuaraan, yaitu kelas matic dan kelas gearbox atau shifter. Kelas matic dibagi lagi ke dalam tiga kategori, yaitu 1) cadet, mini rok, dan junior, 2) senior, dan 3) expert. Lalu, kelas gearbox atau shifter dibagi menjadi dua kategori, yaitu universitas dan non-universitas atau shifter.

Pada kejuaran GoKart tahun ini, UI Motosport berlaga di kelas Gearbox, yaitu kategori yang ditujukan untuk mahasiswa dari seluruh Indonesia dan memiliki syarat penggunaan mesin GoKart bergigi. Penggunaan mesin begigi menuntut pembalap memiliki kemampuan untuk memakai kopling  dan mengatur penggunaan gigi saat balapan berlangsung.

“Proses persiapannya butuh waktu sekitar dua minggu. Kami kerjakan secara bertahap di workshop kami di area kampus. Hampir setiap hari kami datang untuk mengerjakan dan memperbaiki parts yang perlu diganti, daily check up routine untuk semua sparepart yang ada di GoKart, sampai melakukan test drive di Jalan Lingkar Utara UI sekitar satu minggu sebelum lomba dimulai. GoKart yang kami rakit juga menggunakan sparepart bersertifikat dari Komisi Balap Internasional untuk GoKart (CIK FIA),” jelas Danis Erham Hendromurti, Technical Director UI Motosport.

Kelas Gearbox Eshark ROK Cup 2021 diikuti oleh delapan tim dari universitas di Indonesia dengan jumlah total 13 Gokart yang bertanding. Delapan tim tersebut adalah: Universitas Indonesia (UI) membawa 1 unit GoKart, Institut Sepuluh Nopember (ITS) membawa 2 unit GoKart, Universitas Pasundan (Unpas) membawa 3 unit GoKart, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membawa 3 unit GoKart, Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) membawa 2 unit GoKart, Politeknik Negeri Bandung membawa 2 unit GoKart, International University Liaison Indonesia (IULI) membawa 1 unit GoKart, dan Unika Atma Jaya membawa 1 unit GoKart.

 

FacebookTwitter
X