Guna memberikan sosialisasi terkait proses penerimaan mahasiswa baru, UI mengadakan rangkaian acara UI Open Days. Acara yang diadakan secara online ini adalah hasil kerja bersama antara Biro Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik (Humas dan KIP) dengan seluruh humas di fakultas, vokasi, serta sekolah pascasarjana di UI.

Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) membuka penerimaan mahasiswa melalui beberapa jalur, antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Masuk (SIMAK) UI, Talent Scouting, Prestasi dan Pemerataan KesempatanBelajar(PPKB),danJalurPrestasi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, UI Open Days diawali dengan lomba cerdas-cermat yang baru kali ini diadakan dan diikuti oleh perwakilan siswa sekolah menengah atas dari beberapa wilayah di Indonesia. Cerdas-cermat yang menguji pengetahuan siswa tentang UI tersebut dimenangkan oleh perwakilan SMAN 46 Jakarta.

Sebagai hadiah utama, para siswa pemenang lomba Cerdas-cermat diberikan kesempatan untuk berkunjung langsung ke beberapa fakultas di lingkungan Universitas Indonesia, termasuk FTUI. Pada kunjungan tersebut, para siswa diajak mengunjungi dan mencoba fasilitas Smart Classroom FTUI, laboratorium Departemen Teknik Kimia FTUI, laboratorium Gedung i-CELL, dan pameran produk inovasi FTUI.

Sekretaris UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., dalam kata sambutan pada Acara Pembukaan UI Open Days hari 1, mengatakan bahwa UI Open Days bertujuan untuk menyampaikan informasi sistem penerimaan mahasiswa baru dan sistem perkuliahan di UI bagi calon mahasiswa baru. “Kehadiran UI Open Days dilatarbelakangi keinginan untuk membuka komunikasi antara mereka yang ingin bergabung menjadi bagian dari keluarga besar sivitas akademika UI agar memperoleh informasi langsung dari fakultas yang diimpikan,” kata Agustin.

Pada sesi presentasinya, Koordinator Seleksi Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Mikael Januardi Ginting, S.T., mengatakan, “Selain program reguler ada pilihan program paralel dan kelas internasional. Pada S1 Kelas Internasional, terdapat beberapa prodi dengan pilihan kelas Gelar Tunggal dan Gelar Ganda. Pada kelas Gelas Tunggal, mahasiswa dapat mengikuti pogram pertukaran pelajar selama 1–2 bulan, sedangkan pada kelas Gelar Ganda, mahasiswa memperoleh satuan kredit semester (SKS) hingga mendapat gelar dari universitas mitra.”

Mikael juga menyampaikan tips dalam menghadapi ujian SIMAK UI bagi para calon mahasiswa, “Ada metode blocking yang harus dikenali peserta. Misalnya, kita mulai ujian pukul 08.00. Setelah 20 menit mengerjakan soal Matematika Dasar, peserta tidak dapat kembali ke soal sebelumnya dan harus melanjutkan ke soal Bahasa Indonesia. Jadi perhatikan dan siapkan betul strategi dalam mengerjakan, jangan terjebak pada sola yang sulit,” kata Mikael.

UI Open Days hari ke-2 diisi dengan presentasi dari perwakilan fakultas dan sekolah di UI. Fakultas Teknik UI mendapatkan sesi presentasi pada hari kedua. Pada presentasi kali ini, Manajer Komunikasi Publik dan Administarasi Umum FTUI, Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. menjabarkan detail program pendidikan, mulai dari visi dan misi, informasi seleksi masuk, program studi yang tersedia, biaya pendidikan.

Ditemui dikesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU mengharapkan kegiatan UI Open Days ini dapat dimanfaatkan oleh para calon mahasiswa UI umumnya dan calon mahasiswa UI pada khususnya. “Perubahan-perubahan yang terjadi pada jalur-jalur masuk biasanya memang membingungkan bagi calon mahasiswa. UI Open Days dapat memberikan informasi yang sejelas-jelasnya bagi mereka sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan yang diinginkan.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

FacebookTwitter
X